Makanan Penting untuk Wanita Hamil


Makanan penting untuk wanita hamil ada banyak dan beraneka ragam. Bagi wanita yang sedang hamil sangat perlu mengetahui tentang makanan penting bagi wanita hamil. Bisa dikatakan bahwa wanita yang sedang hamil bertanggung jawab memenuhi kebutuhan makanan dua orang, yaitu memenuhi kebutuhannya sendiri, dan janin yang dikandungnya. (lihat juga: tanda awal kehamilan).



Wanita yang sedang hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Wanita hamil harus memperhatikan pelbagai makanan yang sehat dan dianjurkan untuk dikonsumsi. Selain harus memperhatikan pelbagai makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, harus memperhatikan juga makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Hal ini perlu dilakukan agar kesehatan janin terjamin dan kesehatan calon ibu tidak mengalami gangguan.

Makanan yang penting untuk wanita hamil adalah makanan sehat yang diperlukan oleh ibu dan janin yang dikandungnya. Apa saja makanan penting bagi wanita hamil?. Ada banyak makanan penting bagi wanita hamil. Berikut akan disebutkan makanan penting untuk wanita hamil.

1. Susu

Susu penting untuk wanita hamil. Kandungan di dalam susu dibutuhkan oleh janin. Dengan mengkonsumsi susu akan mendukung pertumbuhan janin. Susu juga dapat membentuk otot janin, memperbaiki kerusakan jaringan dan mendukung transportasi oksigen ke janin. Lebih dianjurkan mengkonsumsi susu kedelai sebagai alternatif, karena dalam susu kedelai selain baunya tidak begitu amis juga memiliki kandungan vitamin D yang cukup banyak.

2. Ikan

Ikan termasuk makanan penting bagi wanita hamil, mengapa demikian?. Karena dalam ikan terkandung banyak asam lemak omega 3 dan protein yang dapat membantu pembentukan otak pada janin yang dikandung. Meskipun ikan termasuk makanan penting untuk wanita hamil, bagi anda wanita yang sedang hamil perlu berhati-hati, sebab pada jenis ikan tertentu ada yang mengandung merkuri, yang dapat mengganggu pertumbuhan janin yang dikandung. Sangat dianjurkan bagi wanita hamil agar tidak mengkonsumsi ikan mentah seperti sushi (makanan khas Jepang berupa nasi dicampur lauk serba mentah seperti ikan salmon mentah).

3. Buah dan Sayur

Buah dan sayur juga merupakan makanan penting wanita hamil. Pada awal kehamilan (kehamilan trimester-1) banyak dibutuhkan sayur atau buah yang banyak mengandung vitamin C. Biasanya vitamin C yang banyak terkandung pada jus jeruk. Vitamin C ini dapat memerangi infeksi serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain buah jeruk, wanita hamil membutuhkan sayuran atau makanan lain yang banyak mengandung zat besi. Zat besi ini difungsikan sebagai pencegah anemia. Kebutuhan akan zat besi ini, dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi sayuran berwarna hijau, agar kadar hemoglobin dalam darah meningkat. Dengan begitu sayuran hijau penting bagi wanita hamil dan janin yang dikandungnya.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan penting wanita hamil yang sangat mudah dijumpai di sekitar kita. Kacang-kacangan yang sering kita jumpai seperti kacang hijau yang kaya dengan asam folat dan kalsium. Kacang-kacangan ini diperlukan pada pengembangan sistem saraf janin yang dikandung. Kacang-kacangan juga difungsikan sebagai penambah energi dan kekebalan tubuh wanita hamil. Jadi penting bagi wanita hamil mengkonsumsi kacang-kacangan.

5. Vitamin dan Air

Vitamin dan air penting dikonsumsi oleh wanita hamil. Wanita hamil perlu memperhatikan jumlah vitamin dan air yang dikonsumsinya. Bagi wanita hamil muda sering kali mual-mual dan muntah, maka dari itu mengkonsumsi vitamin dan air putih perlu ditingkatkan. Semisal minum air putih dalam jumlah banyak dicampur sari buah tanpa diberi gula. Meningkatkan konsumsi vitamin sangat mendukung pertumbuhan janin pada masa kehamilan.

Ulasan tersebut adalah sebagian makanan yang penting untuk wanita hamil. Masih banyak makanan penting lain untuk wanita hamil. Untuk anda yang sedang hamil, perhatikanlah ulasan di atas, agar tidak salah dalam memilih makanan yang anda butuhkan ketika hamil. Baca juga artikel tentang nutrisi untuk ibu hamil. Mudah-mudahan ulasan singkat di atas bermanfaat.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment