Selalu Merasa Sedih dan Kesepian Picu Kanker Payudara

Wanita yang senantiasa terasa kesepian serta sedih berisiko terserang kanker payudara. Sekian menurut studi terbaru beberapa peneliti dari Chicago University. Kok dapat? Apa hubungan?

Walau kenyataan itu baru diketemukan pada tikus, tetapi beberapa pakar menyampaikan hal semacam itu dapat pula berlangsung pada manusia. Ada studi ini mungkin saja dapat jadi alternatif untuk memperoleh obat type baru dalam pencegahan kanker payudara yang menyerang sisi paling indah dari seseorang wanita.

Beberapa peneliti beranggapan bahwa rasa kesepian serta sedih bakal bikin seorang stres serta depresi. Rasa stres serta depresi yang nampak lalu bakal merubah sebagian gen yang ada di jaringan payudara serta bakal menyebabkan perkembangan daging tak normal (tumor).

Sesungguhnya jalinan pada kesepian serta kanker payudara telah ada mulai sejak 100 th. waktu lalu, tetapi waktu itu ada banyak pro-kontra. Ada banyak perseteruan antar beberapa peneliti tentang hal itu.

Dr Suzanne Conzen serta rekannya yang menggerakkan studi itu mempelajari 2 group tikus yang di besarkan dalam lingkungan yang tidak sama. Satu group diletakkan dalam lingkungan sosial serta satunya lagi ditempat sunyi.

Ke-2 tikus di beri makanan dengan jumlah serta kwalitas yang sama. Mereka juga di beri akses olahraga yang sama. Tetapi nyatanya tikus yang hidup dalam lingkungan yang sunyi serta terisolasi mempunyai tumor yang berkembang di payudaranya.

Peneliti temukan bahwa tikus yang terisolasi lebih gugup serta melepas hormon stres yang semakin banyak bersamaan dengan bertambahnya umur. Stres mengakibatkan kelenjar mammary (buah dada) yang ada pada payudara wanita tumbuh dengan tak normal.

Stres disebabkan kesepian nyatanya bukan sekedar tingkatkan perkembangan daging tak normal dalam otak (tumor otak) namun juga di bagian badan termasuk juga payudara.

Studi yang dipulikasikan dalam jurnal Cancer Prevention Research itu tunjukkan bahwa lingkungan bukan sekedar punya pengaruh pada kesehatan mental namun juga kesehatan fisik seperti penyakit kanker payudara. Sebagian studi yang lain juga mengatakan bahwa kesepian juga pemicu diabetes, obesitas serta desakan darah tinggi.

 " Support moril serta persahabatan dapat kurangi resiko itu. Jadi beberapa wanita baiknya janganlah terlampau banyak bersedih serta carilah lingkungan yang dapat bikin Anda bersosialisasi. Janganlah pernah mengisolasi diri sendiri dari dunia luar, serta janganlah lupa kerjakan screening untuk menghadapi semua kemungkinan jelek pada payudara Anda, " tutur Dr Lesley Walker dari Cancer Research UK seperti ditulis Dailymail, Jumat (2/10/2009).
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment