Yang Perlu Diketahui Dari Khasiat Daun Sirih Mulai dari Mengatasi Bau Mulut,Bau Badan,Menyembuhkan Luka Sampai Gatal-gatal



Sirih adalah type tanaman merambat keluarga Piperaceae yang daunnya kerap dipakai untuk obat mimisan, obat mata, dan obat-obatan tradisional yang lain.

Klasifikasi-Daun-Sirih

Tanaman yang mempunyai nama latin Piper betle, mungkin saja itu tak asing di telinga kita dan cukup gampang untuk temukan lantaran penyebarannya nyaris rata di beberapa daerah di Indonesia.

Untuk orang-orang Kepulauan Riau, upacara kunyah sirih adalah budaya yang sangatlah dihargai, terlebih selama upacara menyambut tamu. Diluar itu, juga dipakai sebagai pembuatan obat berbagai penyakit.

Nama-nama Sirih
Sumatera : Ranub (Aceh) Citronella (Gayo) Belo (Batak) Burangir (Mandailing) Ao (Nias) Chilli (Mentawai) Siho (Kerinci) Sirih (Palembang) Sirieti (Minangkabau) Cambai (Lampung) FurukLJwe (Enggano)
Java : seureuh (Sunda) Katakan (Jawa Tengah)
Bali : Basis
Nusa Tenggara : Leko (Sasak) Nahi (Bima) bangau (Sumba) Mengi (Ende) Malu (Solor) Maio (Alor)
Sulawesi : Doniile (Gorontalo) Parigi (Toli-Toli) Gamnjeng (Napier)
Maluku : Gies (Halmahera) Bido (Ternate)
 
Manfaat dan Langkah Mengobati Sirih
Bagian ini bakal menuturkan beragam manfaat, khasiat daun sirih komplit dengan tips tentang langkah memproses jadi obat tradisional yang berasal dari halaman warintek. ristek. go. id diekstraksi dari berbagai buku-buku tentang kesehatan, terlebih pada tanaman obat keluarga.

Di antara manfaat dari daun sirih, yaitu : menghilangkan bau badan, menyembuhkan mimisan, sakit, mata merah/gatal, luka, jerawat, bau mulut, serta menguatkan gigi. Tersebut disini tips untuk memproses mereka :

Menyingkirkan bau tubuh. 5 Bersihkan daun sirih segar. Setelah itu, di rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Kemudian, minum ramuan selama hari.
 
Hentikan mimisan. Bersihkan daun sirih muda, menekuk dua, gulungan, serta masuk ke hidung berdarah, hingga darah berhenti mengalir. Dalam soal mimisan, coba bahwa pasien terus duduk tegak, mimisan ini mempunyai tujuan supaya darah tak mengalir kembali ke rongga hidung.
 
Menyembuhkan luka atau gatal-gatal. Siapkan 20 lembar daun sirih tua. Setelah itu, di rebus dengan 3-4 gelas air. Kemudian, pakai air rebusan masih tetap hangat sirih daun untuk membersihkan terserang sisi luka atau gatal.
Bersihkan gatal atau merah mata. Rebus daun sirih 5-6 masih tetap muda dengan satu gelas air, tunggulah hingga mendidih. Setelah itu, ramuan dingin, serta memakainya untuk membersihkan mata tiga kali satu hari.
Menyembuhkan sariawan/sariawan. Bersih 1-2 daun sirih, serta lalu kunyah bubuk serta diamkan didalam mulut tepatnya ditempat terserang sariawan.
Menyingkirkan bau mulut. Rebus daun sirih seperlunya, lalu pakai air masak untuk berkumur.
Kurangi jerawat. Basuh muka dengan air daun sirih di rebus.
Menguatkan gigi yg tidak mudah tanggal. Kunyah pinang serta daun sirih dengan kapur.
 
Kesehatan Efek Daun Sirih

Seperti yang kita semua tahu, zaman kuno tua bahkan juga dapat disebutkan hingga saat ini, memakai benih digabung dengan buah pinang, gambir, kapur, serta tembakau untuk kunyah dengan cara segera atau kerap kita sebut dengan kunyah, nyirih. Walau disangka dapat menguatkan serta menghindar gigi berlubang lantaran karakter antiseptik yang terdapat dalam daun sirih. Tetapi, sayangnya, berdasar sebagian riset, kunyah sirih dapat mengakibatkan kanker mulut, kapur karet penyusutan dilakukan untuk membuat gigi.

Untuk ibu hamil, tak disarankan untuk kunyah. Beberapa peneliti dari Taiwan, Malaysia, serta Papua Nugini melaporkan bahwa wanita hamil yang kunyah sirih dampak selama kehamilan buruk untuk bayi. Dampak dari sirih pinang serta disamakan dengan wanita hamil yang konsumsi alkohol atau tembakau selama kehamilan. Diantara dampak buruk yang berat badan bayi waktu lahir rendah, panjang menyusut serta sebagian dampak samping lainnya.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment