Apakah Anda Sering Cegukan? Yuk Atasi dengan Cara Cara Mudah ini.


Cegukan itu benar-benar sangat mengganggu. Meskipun bukanlah penyakit serius namun bila cegukan terus menerus ya buat kesal juga kan. Nah, sampai kini banyak yang belum tahu apakah itu cegukan. Hanya saja bila dari mulut seseorang keluarkan suara aneh berkali-kali tanpa disadarinya jadi hal itu dapat dikatakan cegukan.

Menurut dr. Aziz Ramadhan, dalam dunia medis cegukan diartikan juga sebagai kontraksi diafragma otot di dasar paru-paru yang membatasi rongga dada dan perut, yang alami kejang. Kekejangan itu bikin pita suara menutup dan membuka secara cepat hingga terdengar suara. Berikut panduan sederhana menghentikan cegukan yang dapat anda coba dirumah.



1. Tahan nafas

Menurut Aziz cegukan biasanya karena sebab rutinitas makan dan minum kita yang kacau. Hingga hal semacam itu juga bikin pernapasan jadi terganggu. " Tahan nafas adalah satu langkah mudah, menahan nafas dapat bikin cegukan berhenti karena kadar karbondioksida didalam tubuh meningkat tajam, " katanya. Berkurangnya kadar karbondioksida memanglah dapat mengakibatkan cegukan.

2. Mengatur nafas

Mengatur nafas dapat menyingkirkan cegukan. Mengatur nafas dapat bikin perubahan oksigen dan juga karbondioksida bergantian masuk ke tubuh dengan teratur. " Tariklah nafas dalam-dalam bisa berulang-kali, tahan nafas selama beberapa menit lalu buanglah nafas secara perlahan, " terang Aziz lagi.

3. Minum air putih

Minum air putih, tambah baik air putih hangat bakal membantu hentikan cegukan. Hal itu karena air hangat dapat melancarkan peredaran darah dan juga oksigen didalam tubuh.

4. Bernafas dalam kantong kertas

Langkah tersebut bakal tingkatkan karbon dioksida dalam aliran darah serta mengalihkan perhatian badan dari cegukan lantaran difokuskan untuk singkirkan akumulasi karbon dioksida. " Waktu bernafas, pastikan hidung dan mulut masuk ke kantong, " tuturnya lagi

5. Tidur dengan posisi terbalik

Maksud tidur dengan posisi terbalik yaitu anda meletakkan kepalamu dibawah dan kakimu diatas. Hal itu bakal bikin peredaran darah jadi lancar dan peredaran oksigen bisa menuju diafragma dengan baik.

6. Mengulum gula batu atau gula pasir

Mengulum gula batu atau dapat digantikan dengan sesendok gula pasir dapat menyingkirkan cegukan. Kandungan gula yang ada dalam gula batu dan juga gula pasir dapat merangsang otot diafragma. Otot diafragma yang terangsang dapat mengakibatkan diafragma dapat berkontraksi dengan teratur.

7. Kunyah jeruk nipis

Jeruk nipis dapat dipakai untuk menyingkirkan cegukan. Langkahnya yaitu dengan mengiris jeruk nipis dan lalu mengunyahnya. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat menyingkirkan gangguan pada impuls di syaraf vagus hingga dapat menyingkirkan cegukan.

8. Tidur dengan menekuk lutut

Cara ini dapat dipakai untuk menyingkirkan cegukan. Hal semacam itu karena cara itu dapat tingkatkan kadar karbondioksida didalam tubuh. " Langkahnya yaitu tidur berbaring, lalu dua buah lutut ditekuk ke perut. Ini dapat dilakukan dengan cara berkali-kali, " lanjut Aziz.

9. Mengonsumsi satu sendok selai kacang

Menyingkirkan cegukan dapat juga memakai selai kacang. Langkahnya adalah dengan memakai satu sendok selai kacang lalu dikonsumsi. Selai kacang bermanfaat untuk mengubah irama dalam pernapasan karena kandungan kacang yang ada dalam selai kacang tersebut .

10. Dikagetkan

Dokter lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini mengatakan saat orang kaget, ada jeda saat waktu tubuh kita berhenti bekerja dalam satu detik. " Saat itulah tubuh merestart seluruhnya organ-organnya. Termasuk mengatur pernafasan, " terang Aziz. Namun syaratnya harus benar-benar kaget lho, bila dibuat-buat sih nggak ngaruh!

Nah, itu lho guys 10 langkah mudah yang dapat anda lakukan untuk hentikan cegukan. Bila cegukanmu tidak berhenti juga setelah beberapa waktu, tidak ada salahnya anda berkunjung ke dokter THT, lantaran mungkin saja itu adalah tanda-tanda awal penyakit serius.

Source : brilio
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment