HATI-HATI.!!Jika Beli Jajanan Es, Es Balok Ini Ternyata Bisa Sebabkan Pendarahan Bahkan Kematian.Berikut Penjelasanya.!!


Dalam keadaan udara yang panas, meminum es umumnya jadi pilihan utama. Minum Air es diakui dapat mendinginkan tubuh. Apakah anda pernah beli jajanan es di tepi jalan, dirumah makan, kedai penjual juice buah atau di warung-warung penjual minuman dingin/soft drink? Beberapa penjual minuman diluar sana, mungkin cuma sedikit yang memakai es batu yang di buat dari air matang. Ada banyak penjual minuman es, menggunakan es balok. Dari berita yang saya lihat di salah satu TV Swasta, nyatanya Terdapat banyak produsen es balok “nakal” yang memakai air sungai juga sebagai bahan pembuatan esnya. Serem banget ya.. saya tak memikirkan apa yang terjadi air sungai yang disulap jadi es balok itu dikonsumsi oleh kita. kita semua tahu bahwa Air yg tidak higienis bila dikonsumsi bisa menyebabkan beraneka penyakit lantaran memiliki kandungan bakteri berbahaya.

Hal semacam ini dibenarkan oleh Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Kampus Indonesia (UI), dr Agustin Kusumayati, MsC, PhD. Ia mengatakan, es batu yang tercemar bakteri sangatlah berisiko tinggi pada penyebaran penyakit, mulai dari diare, infeksi, sampai penyakit kronis.

Beliau juga menambahkan, bahwa sumber air yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan es batu jadi syarat yang menentukan kelayakan konsumsi. Terlebih, bila es batu di buat dari aliran air sungai akan menyebabkan bakteri E. coli dan salmonella yang mengakibatkan keracunan.

 " Bakteri E. Coli dapat juga mengakibatkan pendarahan, yaitu type entero hemoragik akibatnya dapat sangatlah fatal. Umpamanya saat kencing berdarah, bahkan juga dapat meninggal. Bakteri-bakteri ini walau menempel pada es batu bersuhu rendah, tak mati, dan cuma tertidur sementara, " imbuhnya.

Sesudah es batu mencair pada suhu normal, bakteri kembali bermutasi dan dapat menginfeksi manusia. Pada masalah yang parah, bakteri E. Coli dapat mengakibatkan pendarahan bahkan juga sampai mengakibatkan kematian.
Nah sahabat.. baiknya bila anda mau meminum jus buah anda membuatnya sendiri dirumah. Jikalau anda beli juice ata es buah diluar, baiknya bertanya dahulu apakah es yang dipakai aman atau tidak. Mudah-mudahan bermanfaat.. silakan di share..!
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment