KEBERUNTUNGAN & MANFAAT BESAR MEMBACA AL-QURAN


Keutamaan Pelajari, Mengajarkan, serta Membaca Al-Qur’an 
Pahala mengajarkannya. Sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam : 
“Sebaik-baik kalian yaitu siapa yang pelajari al-Qur’an serta mengajarkannya. ” (HR. Bukhari) 
Pahala membacanya. Sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam : 
“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), jadi baginya satu kebaikan, serta satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. ” (HR. At-Tirmidzi) 
Keutamaan pelajari al-Qur’an, menghafalnya, serta pintar membacanya. Sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam : 
“Perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an tengah ia hafal dengannya berbarengan beberapa malaikat yang suci serta mulia, tengah perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an tengah ia selalu mengerjakannya walau hal semacam itu susah baginya jadi baginya dua pahala. ” (Muttafaq ‘alaih) 
Serta sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam : “Dikatakan pada pakar Al-Qur’an, ‘Bacalah, naiklah serta bacalah dengan tartil seperti anda membaca didunia lantaran kedudukanmu terdapat pada akhir ayat yang anda baca. ” (HR. At-Tirmidzi) Al-Khaththabi menyampaikan : “Disebutkan dalam atsar bahwa jumlah ayat al-Qur’an yaitu sesuai sama jumlah tingkatan dalam surga. Disebutkan pada pembaca (al-Qur’an), ‘Naiklah dalam tingkatan sesuai sama ayat al-Qur’an yang pada awal mulanya anda baca (didunia). ’ Karenanya siapa yang membaca dengan prima semuanya al-Qur’an, jadi ia tempati tingkatan surga yang teratas di akhirat. Tengah siapa yang membaca suatu hal juz darinya, jadi kenaikannya dalam tingkatan surga sesuai sama bacaannya itu. Dengan hal tersebut, akhir pahalanya yaitu pada akhir bacaannya. 
Pahala untuk orang yang anaknya pelajari Al-Qur’an. 
“Siapa saja membaca al-Qur’an, pelajarinya serta mengamalkannya, jadi dipakaikan pada ke-2 orangtuanya pada hari kiamat mahkota dari sinar yang sinarnya seperti cahaya matahari, serta dikenakan pada ke-2 orangtuanya dua perhiasan yang nilainya tak tertandingi oleh dunia. Keduanyapun ajukan pertanyaan, ‘Bagaimana dipakaikan pada kami seluruhnya itu? ’ Dijawab, ‘Karena anakmu sudah membawa al-Qur’an. ” (HR. Al-Hakim) 
Al-Qur’an berikan syafa’at pada ahlinya di Akhirat. Sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam : 
“Bacalah al-Qur’an lantaran ia akan tiba pada hari Kiamat juga sebagai pemberi syafa’at pada beberapa ahlinya. ” (HR. Muslim) 
Serta sabda beliau shalallahu ‘alaihi wasalam : 
“Puasa serta al-Qur’an, keduanya bakal memberi syafa’at pada seseorang hamba pada hari Kiamat…” (HR. Ahmad serta al-Hakim) 
Pahala untuk orang yang berkumpul untuk membaca serta mengkajinya. Sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam : 
“Tidak berkumpul satu golongan di salah satu rumah Allah Ta’ala, tengah mereka membaca kitab-Nya serta mengkajinya, tetapi mereka bakal dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi beberapa malaikat, serta disanjungi oleh Allah dihadapan beberapa makhluk serta di sisi-Nya. ” (HR. Abu Dawud) 
Pelipatgandaan Pahala Bacaan 
Tiap-tiap orang yang membaca al-Qur’an demgam ikhlas Lillah, jadi ia memperoleh pahala. Tetapi pahala ini dilipatgandakan bila dibarengi dengan hadirnya hati, penghayatan, serta pemahaman pada ayat yang di baca. Jadi satu huruf dapat dilipatgandakan pahalanya jadi sepuluh kebaikan, bahkan juga tujuh ratus kali lipat.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment