Cara Mencegah Penyakit Amandel

Amandel atau tonsil adalah himpunan jaringan limfoid yang terdapat pada kerongkongan di belakang ke-2 ujung lipatan belakang mulut. Amandel sendiri berperan menghindar supaya infeksi tak menebar ke semua badan lewat cara menahan kuman masuk badan. Oleh karenanya kelenjar amndel ini meradang. Peradangan pada Kelenjar amandel ini dimaksud dengan tonsilitis, penyakit ini adalah salah satu masalah THT (Telinga Hidung & Tenggorokan). Tonsilitis bisa berbentuk akut atau kritis. Bentuk akut yg tidak kronis umumnya berjalan seputar 4-6 hari, serta biasanya menyerang anak-anak pada umur 5-10 th.. Sedang radang amandel/tonsil yang kritis berlangsung dengan cara berkali-kali serta berjalan lama.

Pada radang amandel yang akut umumnya diawali dengan tanda-tanda sakit tenggorokan yang enteng sampai jadi kronis, sakit waktu menelan makanan, terkadang muntah. Tonsilitis bisa mengakibatkan amandel jadi bengkak, panas, gatal, sakit pada otot serta sendi, nyeri pada semua tubuh, kedinginan, sakit kepala, serta sakit pada telinga. Kelenjar getah bening melemah didalam daerah submandibuler. Sisi belakang tenggorokan bakal merasa mengerut hingga sulit menelan. Peradangan tonsil yang akut maupun pembengkakan tonsil yg tidak terlampau besar serta tak menghambat jalan pernapasan, dan tak menyebabkan komplikasi tak perlu dikerjakan pembedahan/operasi, lantaran tonsil yang terbuat dari jaringan getah bening bisa berperan menghindar badan supaya tak terserang penyakit yang terkait dengan infeksi.

Sebagian usaha yang bisa kita kerjakan sendiri dirumah untuk pencegahan, perawatan serta penyembuhannya dikerjakan sebagian langkah seperti berikut :

* Diupayakan untuk minum banyak air atau cairan seperti sari buah, terlebih sepanjang demam.
* Janganlah minum es, sirop, es cream, makanan serta minuman yang didinginkan, gorengan, makanan awetan yang diasinkan, serta manisan.
* Berkumur air garam hangat 3-4 kali satu hari.
* Menyimpan kompres hangat pada leher sehari-hari.
* diberikan therapy antibiotik (atas panduan dokter) jika ada infeksi bakteri serta untuk menghindar komplikasi.
* Istirahat yang cukup.

Tetapi jika radang amandel kritis dengan pembengkakan tonsil yang terlampau besar hingga menyebabkan terganggunya jalan pernapasan, atau timbulnya komplikasi, umumnya dibutuhkan pembedahan/operasi untuk keluarkan tonsil. Jika berlangsung peradangan yang kritis dianjurkan untuk berkonsultasi kedokter spesialis THT untuk perlakuan serta tidakan setelah itu.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment