Manfaat serta Hikmah Puasa Ramadhan

telah semestinya orang Islam yang beriman bakal senang saat menyongsong datangnya bln. suci Ramadhan ini. Bukankah sudah diarahkan menunaikan beribadah sepanjang satu bulan penuh dengan balasan pahala yang berlipat-lipat, didalam bln. Ramadhan Allah Ta’ala juga sudah turunkan kitab suci al-Quranul-karim, sebagai panduan untuk semua manusia di alam semesta ini serta untuk membedakan pada yang benar dengan yang salah.
Faedah puasa ramadhan untuk umat Islam tentu banyak. Baik itu faedah puasa untuk kesehatan fisik ataupun kesehatan jiwa kita. Lantaran tentu saat syariat Islam ada, banyak hikmah dibalik itu seluruhnya. Termasuk tentang hikmah keutamaan puasa Ramadhan untuk kita umat Islam yang harus untuk dikerjakan apabila tak ada rintangan halangan saat menjalaninya. Lantaran memanglah hukum puasa Ramadhan yaitu harus. Terlebih kita telah semakin mendekati Ramadhan 1434 H yang tinggal menanti hitungan hari lagi.
Keharusan menggerakkan beribadah puasa Ramadhan ini sudah Allah Ta’ala perintahkan dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183 yang berarti : ”Wahai beberapa orang yang beriman! Harus pada anda puasa seperti sudah harus atas beberapa orang yang saat sebelum anda, agar anda jadi beberapa orang yang bertaqwa. ” Jadi maksud puasa Ramadhan yaitu supaya kita jadi beberapa orang yang bertakwa dengan sebenarnya. Yakni menggerakkan apa yang diperintahNya dan menjauhi semua apa yang dilarangNya. Kita mengulang kembali dengan pengertian puasa yang pernah dibahas dalam faedah puasa untuk kesehatan yakni yang disebut dengan berpuasa menurut syariat Islam adalah menahan diri dari semua suatu hal yang membatalkan puasa (seperti makan, minum, jalinan kelamin, dsb) sejak mulai terbitnya fajar s/d terbenamnya matahari, dibarengi dengan kemauan iklhas beribadah pada Allah, lantaran menginginkan ridho-Nya dan mempersiapkan diri dalam rencana tingkatkan ketakwaan.
Tersebut sebagian faedah puasa Ramadhan yakni :
1. Dengan berpuasa Ramadhan sepanjang 1 bln. penuh jadi hal semacam ini otomatis faedah untuk kesehatan yaitu mengistirahatkan organ pencernaan kita dan juga perut dari kelelahan bekerja yang terus-terusan dalam 11 bln., serta menolong keluarkan bekas makanan dari pada badan, menguatkan tubuh.
2. Bersihkan badan dari toksin dan kotoran (detoksifikasi). Puasa adalah terapi detoksifikasi yang paling tua. Dengan berpuasa pada bln. suci Ramadhan, jadi ini bermakna kita akan membatasi kalori yang masuk pada badan kita yang mana hal semacam ini bakal berguna dalam sistem metabolisme yang membuahkan enzim anti-oksidan yang berperan satu diantaranya untuk bersihkan beberapa zat yang berbentuk toksin dari pada badan.
3. Untuk kesehatan psikologis kita manfaat puasa bakal kita peroleh yakni keadaan mental emosi kita bakal lebih terbangun serta termonitor dengan tambah baik lagi. Situasi ini bakal menolong dalam penurunan tingkat adrenalin pada badan. Yang mana adrenalin juga menaikkan pembentukan cholesterol dari lemak protein berkepadatan rendah. Beragam hal itu nyatanya bisa tingkatkan kemungkinan penyakit pembuluh darah, jantung serta otak seperti jantung koroner, stroke serta yang lain.
4. Puasa untuk kesehatan bakal memberi faedahnya diantaranya yaitu dapat menolong dalam sistem turunkan kandungan gula darah, cholesterol serta mengatur desakan darah. Tersebut kenapa dalam satu segi, puasa sangatlah disarankan untuk perawatan mereka yang menanggung derita penyakit diabetes, cholesterol tinggi, kegemukan serta darah tinggi. Tentu hal semacam ini juga mesti ditanyakan terlebih dulu dengan tim medis yang mumpuni apabila anda yaitu memiliki satu type penyakit spesifik.
Terkecuali faedah puasa ramadhan untuk kesehatan yang bakal kita dapatkan apabila kita betul-betul menggerakkan rukun serta prasyarat puasa yang benar, jadi kita akan banyak memperoleh hikmah bln. Ramadhan tersebut.
Serta tersebut disini sebagian hikmah bln. Ramadhan yakni :
1. Salah satu dari hikmah keutamaan puasa ramadhan ini untuk Umat Islam yaitu bakal diampuni dosa-dosanya yang sudah lantas. Hal semacam ini berdasar pada suatu dalil hadist yang berbunyi : ”Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman serta mencari ridha Allah, jadi ia bakal diampuni dosa-dosanya yang sudah lantas. ” (Hadits Mutafaqun ‘Alaih).
2. Tingkatkan rasa sukur kita pada banyak nikmat yang sudah Allah Ta’ala anugerahkan pada kita seluruhnya. Hal semacam ini dapat kita kerjakan dengan lakukan beragam amalan kebaikan dalam bln. ramadhan seperti misalnya bersedekah pada beberapa orang fakir pada bln. Ramadhan mulia ini, Banyak berikan serta jadilah seorang yang memberi pemberian orang yg tidak takut miskin. Berderma dengan harta serta kebaikan pada saudara-saudaramu yang memerlukan, serta jadi orang yang mensyukuri nikmat Allah.
3. Turut rasakan apa yang dirasa oleh orang yang kurang berkecukupan. Dalam puasa kita pasti terasa lapar serta dahaga, mengingatkan kita begitu menyedihkannya nasib orang yg tidak berpunya. Mungkin saja kita cuma sebagian jam saja, lantas kita dapat berbuka puasa, sedang mereka yang miskin tidak berpunya mungkin puasa selama siang serta malam. Pasti ini bikin kita jadi lebih bersukur pada Allah atas seluruhnya nikmat yang diberikanNya.
4. Melatih diri kita pribadi terutama untuk menyeimbangkan masalah dunia serta akhirat. Bila pada 11 bln. waktu lalu kita kerap melalaikan Allah untuk beberapa hal yang berbentuk duniawi, ini waktunya kita membenahi diri dalam melaksanakan ibadah kepadaNya, agar terwujud keseimbangan kehidupan dunia serta akhirat. Beribadah serta pekerjaan dunia sebaiknya seimbang, hingga kita jadi manusia yang sepenuhnya yang banyak memberi kebaikan pada banyak manusia.
5. Puasa bakal membiasakan umat Islam untuk hidup disiplin, menyatu, cinta keadilan serta persamaan, juga melahirkan perasaan kasih sayang dalam diri beberapa orang beriman serta mendorong mereka berbuat kebajikan.
Dalam bln. ini ada satu malam yang keutamaan beramal di dalamnya tambah baik dari pada beramal seribu bln. di bln. lain yakni malam Lailatul Qadr. Pada bln. ini sehari-hari ada malaikat yang menyeru memberikan nasehat siapa yang berbuat baik supaya bergembira serta yang berbuat maksiat serta dosa supaya menahan diri.
Marhaban Ya Ramadhan. Bln. Ramadhan yaitu bln. yang penuh dengan barakah. Pada bln. suci ini pintu surga di buka selebar-lebarnya serta pintu neraka ditutup serapat-rapatnya. Pada bln. kemuliaan Ramadhan ini setan-setan dibelenggu.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment