CARA MENGOBATI KESELEO ATAU TERKILIR DENGAN MUDAH

Apakah sobat pernah rasakan Keseleo atau terkilir sewaktu tengah lakukan olahraga, Pasti hal semacam ini banyak terjadi pada orang yang suka dengan olahraga dengan tak sengaja mengalami keseleo pada tangan, keseleo pada pergelangan kaki, keseleo pada pergelangan tangan dan keseleo pada lutut. Keseleo atau terkilir dalam istilah kedokteran disebut juga Sprain. Keseleo atau Sprain adalah cedera ligamen yang terjadi disekitar sendi. Apakah itu Ligamen? Ligamen adalah jaringan serat yang kuat serta fleksibel yang berfungsi unutk menghubungkan antar tulang pada sendi.

Keseleo umum berlangsung karena jatuh, sendi terpelintir, dan menurut penelitian bahwa keseleo pada tubuh yang sering berlangsung pada pergelangan kaki dan tangan karena adalah tumpuan dan sendi sering beraktivitas. Adapun tanda-tanda untuk mengenali apakah sendi kita mengalami keseleo otot, yaitu :
TANDA UNTUK MENGENALI KESELEO

Nyeri sendi
Terjadi kekakuan sendi
Pembengkakan
Perubahan warna kulit
Dengan melihat tanda-tanda diatas maka kita bisa tahu jika mengalami keseleo yang parah, karena biasanya Keseleo dan memar hampir sama yaitu, mengalami rasa sakit yang ringan, sedang ataupun berat.
 
TIPS ATAU CARA MENGOBATI KESELEO

Jangan dipijat, apabila terkena keseleo jadi janganlah lakukan pemijatan, karena biasanya jika seseorang tengah alami keseleo maka hal yang pertama yang dilakukan yakni memijat atau menarik-narik bagian yang sakit atau keseleo, dan menurut para dokter janganlah lakukan hal semacam ini. Disebutkan demikian karena kemungkinan ketika alami keseleo jaringan atau pembuluh darah ada yang robek disebabkan salah jatuh dan sebagainya.
Kompres memakai ES, Salah satu langkah yang dianjurkan yakni mengompres dengan ES untuk membekukan darah didaerah yang terluka, mengempiskan bengkak. Mengenai cara melakukannya yaitu ambillah Es dan lapisi dengan kain agar es tak langsung menyentuh daerah yang luka, serta kompreskan pada sendi yang terluka kurang lebih 10-20 menit.
Lakukan penekanan atau balut, hal semacam ini ditujukan agarkan sendi yang terluka tak alami luka robek pada pembuluh darah yang demikian parah, menyangga daerah luka, dan memberi rasa nyaman. Disarankan pada saat membalut janganlah terlalu kencang lantaran bisa menganggu aliran darah.
Istirahat, bila kita begitu sukai dengan hobby kita, umpamanya futsal dan berlangsung keseleo pada pergelangan kai, maka baiknya janganlah beraktivitas dahulu, biarlah bagian badan yang terluka istirahat.
Peninggian (Elevation), agarkan tak berlangsung pembengkakan pada daerah yang keseleo, misal bila kita mengalamai keseleo pada pergelangan kaki jadi ketika berbaring upayakan kaki lebih tinggi dari jantung kita, lewat cara menganjalnya dengan bantal.
Periksakan ke dokter, jika alami keseleo yang sangatlah parah jadi sebaiknya periksakan ke dokter untuk di rongsen (Sinar-X) untuk lihat adakah bagian yang patah.
Mungki itu yang bisa disampaikan pada artikel CARA MENGOBATI KESELEO ATAU TERKILIR DENGAN MUDAH dengan langkah tersebut kita bisa menyembuhkan keseleo yang berlangsung pada kita suatu waktu, karena kita tidak paham yang namanya musibah. Cukup sekian terima kasih mudah-mudahan bermanfaat.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment