Ini Pertolongan Pertama Saat Telinga Kemasukan Serangga

Kita akan belajar bagaimanakah menangani serangga yang masuk ke telinga dan langkah mengeluarkan mereka.

Perhatian!
Janganlah coba keluarkan serangga dengan cotton bud, jepit rambut, atau penjepit apa pun. Ini bakal bikin serangga lebih susah dikeluarkan dan membuat mereka semakin masuk ke rongga telinga, akibatnya bisa merusak gendang telinga serta menyebabkan ketulian permanen.

Anda dapat mencoba beberapa cara berikut untuk mengeluarkan serangga dari dalam telinga dengan cepat.

Tetap tenang. Apabila berlangsung pada anak-anak maupun selainnya, mintalah dan yakinkan mereka untuk tenang, janganlah panik.
Posisikan tubuh pada posisi yang nyaman. Baringkan miring atau telentangkan tubuh pada bidang yang datar, dengan telinga yang kemasukan menghadap keatas.
Ambillah sedikit minyak (bisa baby oil, minyak zaitun, minyak sayur) serta teteskan dengan cara perlahan-lahan kedalam telinga yang kemasukan serangga, janganlah banyak gerak. Ini bakal mencegah serangga bergerak di dalam telinga dan bikin mereka mati.
NB : Apabila tak ada minyak, anda dapat menggunakan air bersih.
Langkah Penambahan. Ambil bola kapas dan basahi dengan alkohol. Gosokkan kapas mengandung alkohol tadi perlahan ke lubang telinga. Hati-hati, serangga mungkin menggigit dan ini sangatlah menyakitkan. Alkohol bakal menguap tetapi baunya bakal memaksa serangga untuk keluar. Apabila anda tak dapat lakukan langkah ini, lanjut saja ke no 5.
Aliri telinga dengan air hangat. Gunakanlah alat suntik (tanpa ada jarum) apabila ada untuk melakukannya. Apabila tidak ada, gelas dengan moncong kecil dapat juga digunakan. Aliri perlahan-lahan telinga dengan air hangat dan serangga bakal segera keluar.
Medis. Pergilah ke dokter untuk lakukan follow-up perihal usaha yang barusan anda lakukan untuk meyakinkan bahwa anda tak merusak telingamu selama sistem tadi.
Intinya, cara ini yaitu membunuh serangga yang masuk ke ke telinga dengan menenggelamkannya. Waktu darurat selesai bila serangga telah mati. Tetapi butuh diingat beberapa poin :

Proses di atas pada dasarnya berhasil. Tetapi lantaran suatu hal serangga tetap tidak mau keluar, segera pergi untuk memperoleh pertolongan medis secepatnya.
Saat serangga berhasil dikeluarkan, check apakah ada bagian tubuhnya yang hilang, seperti ; kepala, kaki, dsb. Bila ada yang hilang, selekasnya mencari pertolongan medis.
Untuk mencegah semut atau serangga masuk ke dalam telinga anda. baiknya melindungi kebersihan diri dan lingkungan, yaitu lewat cara bersihkan tempat tidur saat sebelum anda tidur supaya tempat tidur anda terlepas dari semut dan serangga. Bersihkan telinga anda dengan cara rutin hingga kotoran telinga tak menumpuk dan bau hingga mengakibatkan seranga mau masuk ke dalam telinga anda.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment