Kenali Risiko Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening adalah type kanker yang berawal dari beberapa sel yang disebut limfosit, yang disebut bagian dari sistem kekebalan tubuh. Type kanker ini umumnya menyerang di usia lanjut. Lalu, apa penyebabnya?

Pakar kanker Dari Divisi Hematologi dan Onkologi Medik Departemen Pengetahuan Penyakit Dalam FKUI di RS Cipto Mangunkusumo, Dr. dr Andhika Rachman, SpPD, KHOM, FINASIM menyampaikan, umumnya kanker getah bening dikarenakan oleh pergantian mutasi dalam limfosit sehingga sel berkembang biak lebih cepat serta hidup lebih lama.

Tetapi ada faktor resiko pada jenis non Hodgkin yang bisa memicunya, seperti :

1. Sistem kekebalan tubuh yang menurun

Disebabkan karena riwayat keturunan kelainan kekebalan tubuh, penyakit autoimun atau perlakuan pascatransplantasi dengan obat-obatan tertentu.

2. Infeksi virus

Beberapa type infeksi bisa tingkatkan aspek resiko kanker kelenjar getah bening, seperti HIV, Virus Epstein Barr, Helicobacter pylori, virus human T-cell leukimia (HTLV-1) dan virus hepatitis C.

3. Usia

Kanker kelenjar getah bening non-Hodgkin bisa berlangsung pada anak-anak dan orang dewasa. Tetapi pada umumnya, kanker ini lebih banyak menyerang umur di atas 60 tahun
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment