Mengulas Tuntas Khasiat Kunyit Untuk kesehatan,Yang Wajib Anda Ketahui,Dan Bantu Untuk Share ke Sahabat Yang Lain Mungkin Ada Yang Belum Mengetahuinya.

Kunyit adalah rempah-rempah yang biasa dipakai dalam masakan di negara-negara Asia. Kunyit sering dipakai sebagai bumbu dalam masakan sejenis gulai, dan juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, atau juga sebagai pengawet. Produk farmasi berbahan baku kunyit, dapat berkompetisi dengan berbagai obat paten, umpamanya untuk peradangan sendi (arthritis-rheumatoid) atau osteo-arthritis berbahan aktif natrium deklofenak, piroksikam, dan fenil butason, dengan harga yang relatif mahal atau suplemen makanan (Vitamin-plus) dalam bentuk kapsul. Dalam bhs Banjar kunyit biasa juga dimaksud Janar. Product bahan jadi dari ekstrak kunyit berbentuk suplemen makanan berbentuk kapsul (Vitamin-plus) pasar serta industrinya sudah berkembang. Suplemen makanan di buat dari bahan baku ekstrak kunyit dengan bahan tambahan Vitamin B1, B2, B6, B12, Vitamin E, Lesitin, Amprotab, Mg-stearat, Nepagin, serta Kolidon 90.

Karena karakter dari senyawa-senyawa yang dikandungnya, kunyit dijadikan juga sebagai obat tradisional yang dapat mengobati berbagai penyakit atau juga sebagai jamu untuk melindungi kesehatan tubuh. Di bawah ini fungsi kunyit untuk kesehatan tubuh :

1. Kunyit berguna juga sebagai antiseptik dan antibakteri alami, bermanfaat dalam menyembuhkan luka atau luka bakar.

2. Ketika digabungkan dengan kembang kol, kunyit dapat dibuktikan bisa menghindar dan hentikan perkembangan kanker prostat.

3. Kunyit bisa menyembuhkan diare.

4. Kunyit bisa mencegah timbulnya Melanoma (tumor ganas) dan bisa membunuh beberapa sel melanoma yang ada di tubuh.

5. Kunyit berguna dalam kurangi risiko leukimia.

6. Kunyit bisa membantu sistem detoksifikasi senyawa racun pada hati.

7. Kunyit bisa menghindar dan memperlambat perubahan penyakit Alzheimer dengan menyingkirkan penumpukan lempengan amiloid pada otak.

8. Kunyit bisa mencegah metastasis, yaitu penyebaran kanker dari tempat pertama (awal) ke tempat lain didalam tubuh.

9. Kunyit bermanfaat juga sebagai obat anti-inflamasi alami, tanpa efek samping. Karena sifatnya yang anti-inflamasi, kunyit sering digunakan dalam menyembuhkan peradangan pada persendian seperti Artritis serta Artritis Reumatoid.

10. Kunyit bisa memperlambat perubahan multiple sclerosis (sklerosis ganda, yaitu satu kelainan peradangan pada otak & sumsusm tulang belakang).

11. Kunyit bisa dipakai juga sebagai pembasmi rasa sakit alami.

12. Kunyit bisa membantu sistem metabolisme lemak dan membantu dalam melindungi berat badan.

13. Kunyit sudah lama dipakai dalam penyembuhan Cina juga sebagai penyembuhan untuk depresi.

14. Kunyit sudah dapat dibuktikan hentikan perkembangan pembuluh darah baru pada tumor.

15. Kunyit bisa mempercepat pengobatan luka dan membantu dalam melakukan perbaikan kulit yang rusak.

16. Kunyit Bisa membantu dalam penyembuhan psoriasis (penyakit autoimun yang tentang kulit) serta kulit yang tengah alami peradangan.


Resep Kunyit Untuk Berbagai Obat

Ada banyak petua untuk konsumsi kunyit dirumah, yakni lewat cara merebus rimpang kunyit serta ditambah dengan sebagian ramuan lain sesuai dengan penyakit yang mau diobati. Berikut adalah beberapa contoh :

1. Mengobati Demam : rimpang kunyit yang dicuci (20g), diparut, ditambah dengan air masak 100ml, diperas dengan saringan kain. Airnya diminum 2 kali satu hari.

2. Mengobati Diare : kunyit diiris, di rebus dengan air, ditambah 1 sendok teh air kapur sirih, aduk hingga rata. Dinginkan. Saringan airnya diminum 3 kali satu hari hingga sembuh.


3. Mengobati Borok : kunyit diparut sebesar ibu jari, ditambah satu sendok teh air kapur sirih serta perasan air 1 jeruk nipis, aduk hingga rata. Berikan kombinasi di bagian badan yang sakit.

4. Mengobati Gatal (cacar air) : sepotong kunyit, segenggam daun asam dicuci, diblender sampai halus seperti bubur. Berikan di bagian badan yang gatal.

5. Mengobati Keputihan : Kunyit tua (15g) dikupas serta diparut. Ditambah 150ml air asam serta gula jawa, aduk rata. Peras dengan kain, serta minum sehari-hari.

6. Mengobati Radang amandel : 1/2 jari kunyit diparut, ditambah 2 sendok air minum, aduk hingga rata, peras serta ambillah airnya. Lebih 1 kuning telur ayam kampung serta sedikit air kapur sirih. Kocok adunan, minum 1 sampai 2 kali satu hari.

7. Mengobati Radang gusi : setengah ibu jari kunyit dan 3 potong gambir diiris. Rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Pakai air itu untuk berkumur 3 sampai 4 kali sehari.

8. Mengobati Telat haid : kunyit serta daun sigading (15g), biji pala serta kapulaga (10g), ketumbar, jinten hitam serta cengkeh (5g). Rebus bahan itu dengan 3 gelas air sehingga tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, untuk jadi 3 sisi untuk diminum 3 kali satu hari.

9. Kesehatan kulit serta umum (jamu) : 100g rimpang kunyit fresh, 100 ml air jeruk nipis, 11/2 sendok makan madu serta air seperlunya. Kunyit dihaluskan dengan jus, campur pasta kunyit itu dengan madu serta air jeruk nipis. Imbuhkan air secukupnya. Minum secara teratur.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment