Penyakit Ini Diderita Jutaan Wanita di Dunia

Mantan senator Amerika Serikat, Hillary Clinton, presenter Emma Forbes, aktris Marilyn Monroe, penyanyi Toni Braxton, dan jutaan wanita yang lain di beberapa belahan dunia menderita endometriosis.

Endometriosis adalah kelainan yang ada pada lapisan yang berperan melindungi rongga kehamilan (endometrium). Dalam keadaan normal, endometrium semestinya ada pada rongga rahim, namun pada masalah endometriosis, endometrium tumbuh di luar rahim seperti pada indung telur, usus, kandung kemih dan semua daerah panggul.

Laman Guardian mencatat, penyakit ini memengaruhi satu dari 10 wanita di usia produktif hingga mereka sering mengeluh sakit perut hingga pingsan dan sulit hamil.

Tak cuma itu, Badan Amal di Amerika memperkirakan, wanita yang mempunyai penyakit ini bisa mengakibatkan kerusakan hubungan pernikahan lantaran gesekan pada organ intim bakal merasa sangatlah menyakitkan. Hal semacam ini juga yang mengakibatkan sekitar 7, 6 juta wanita di Amerika kehilangan pekerjaan. Ironisnya, 25 % salah satunya pilih bunuh diri lantaran tersiksa dengan penyakit ini.

Di Indonesia, data hasil riset di Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo pada 2008 ada 428 masalah pasien kista endometriosis, 20 % salah satunya meninggal dunia dan 65 % salah satunya adalah wanita karier yang sudah berumah tangga. Sedang pada th. 2009 terdata 768 masalah pasien kista endometriosis, 25 % salah satunya meninggal dunia, serta 70 % yang lain adalah wanita karier yang sudah berumah tangga.

Diagnosis yang susah sering membuat dokter seringkali tak mengerti penyakit endometriosis. Sedangkan spesialis masih kurang info tersebut . Itu bermakna wanita dapat menanggung derita sepanjang bertahun-tahun.

Lalu apa penyebabnya?

Hingga kini, beberapa ahli tak tahu secara pasti mengapa jaringan endometrium ada di bagian-bagian lain dari badan. Tapi terdapat banyak kecenderungan genetik. Selain itu, endometriosis lebih sering terjadi pada wanita yang mempunyai siklus menstruasi pendek atau lebih lama dari wanita normal yang lain yang hanya 3-7 hari. Beberapa ilmuwan kesehatan memperkirakan, paparan dioksin, bahan kimia industri mungkin merupakan penyebabnya.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment