Suka Menahan Bersin? Awas bahaya penyakit penyakit ini mengintai!

Bersin sebenarnya melindungi tubuh Anda dengan membersihkan hidung dari bakteri dan virus. Aktivitas ini merupakan bagian penting dari proses kekebalan tubuh dan menjaga tubuh agar tetap aman. Namun dalam suatu kondisi kita kerap menahan bersin baik dengan menekan hidung sehingga keinginan bersin menjadi hilang. Hal ini sangatlah berbahaya karena bisa mengakibatkan mimisan hingga vertigo.

Menurut kecepatan sekali bersin adalah 161 km/jam. Jika anda menahan bersin, itu sama artinya anda menahan kecepatan sebuah benda dengan laju itu. Bisa dibayangkan bagaimanakah tekanan yang bakal berlangsung karena tubuh harus menahan kecepatan itu dengan cara tiba-tiba. Menahan bersin dapat menghasilkan tekanan lebih dari 38 kali lipat dari bersin normal.

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa ketika bersin tubuh keluarkan lebih dari 100. 000 bakteri ke udara pada kisaran 2 hingga 3 mtr.. Bakteri ini bakal kembali lagi jika saat akan bersin, anda lalu menahannya.

 Menurt Dr Michael Roizen, pemimpin Institute di Cleveland Clinic menyampaikan bahwa menahan bersin dapat mengakibatkan pembuluh darah dibagian putih mata bakal pecah. Hal semacam itu dapat mengakibatkan memar di bagian putih mata di sekitar iris. Kemampuan tekanan udara yang akan keluar melalui hidung harus berpindah tempat, bila ia tak berpindah keluar maka ia akan berpindah ke ruang-ruang di dalam tubuh anda, termasuk mata.
Selain itu, menahan bersin akan membuat anda alami risiko gangguan pendengaran atau vertigo lantaran tekanan udara yang masuk ke telinga dapat memecahkan gendang telinga atau cidera pada bagian dalam telinga. Saluran hidung dan mulut yang menjadi sarana keluaran bersin berhubungan juga dengan telinga

Selain itu, manahan bersin dapat juga mengakibatkan cidera pada diafragma. Pembuluh darah pada otak akan melemah dan bisa pecah karena meningkatnya tekanan darah. Atau dapat pula mendorong udara ke dalam rongga otak dan dapat mengakibatkan sakit kepala yang sangat intens, bahkan bisa menyebabkan stroke.

Ketika dorongan untuk bersin masih sebatas rasa menggelitik di hidung, terdapat banyak trik yang dapat dilakukan. Tidak seperti menanhan bersin, menahan dorongan bersin tak berbahaya dilakukan. Caranya adalah dengan menggosok hidung, menekan bagian atas bibir di bawah hidung, atau mengeluarkan napas dari hidung.

Tapi jika bersin benar-benar akan terjadi, jangan pernah menahannya menghindari beberapa risiko di atas. Tapi janganlah lupa untuk menutup mulut dan hidung dengan tangan, tisu, sapu tangan atau lekukan lengan saat bersin, agar bakteri dan kuman yang keluar tidak membahayakan orang lain.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment