STOP.!!Jangan Dilakukan, Inilah Bahayanya Meniup Makanan Panas.Anda Harus Tau.

Telah menjadi rutinitas untuk kita semua meniup makanan atau minuman yang masihlah panas waktu akan dikonsumsi. Supaya nyaman didalam mulut, tidak jarang makanan atau minuman yang masih panas ditiup. Tujuannya supaya cepat dingin. Tahukah Anda nyatanya langkah tersebut tak dianjurkan. Bagaimanakah penjelasan ilmiahnya?

Menurut Pramono, pakar gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin dalam penuturannya di Group Gerakan Sadar Gizi menyampaikan, meniup makanan bakal memberi peluang ada transfer kuman dari si peniup ke makanan/minuman yang kita tiup. “Bayangkan jika si peniup tengah sakit flu, TBC atau mungkinhepatitis jadi kemungkinan penularan bakal terjadi, ” tulisnya.

Waktu kita meniup makanan jadi kita bakal keluarkan gas CO2 dari dalam mulut. Menurut reaksi kimia, jika uap air bereaksi dengan karbondioksida bakal membuat senyawa asam karbonat (carbonic acid) yang berbentuk asam, hingga bisa jadi permasalahan untuk kesehatan kita.

Walau pendapat ini masih tetap perlu diperdebatkan karena ada yang memiliki pendapat bahwa Reaksi pada CO2 dan H2O cuma berlangsung pada suhu serta tekanan tinggi. CO2 bisa larut di air dalam tekanan tinggi, membuat H2CO3. pada 25 derajat celcius, Kc = 1. 70 x 10-3. Untuk mencapai keseimbangan, reaksi pada CO2 dan H2O memerlukan katalisator. Bila tak ada katalisator, reaksi ini bakal berjalan lambat. H2CO3 merupakan asam lemah.

Alasan lain janganlah meniup adalah sesungguhnya yang bermasalah bukanlah pada airnya namun pada komponen yang ada di air. Di air bila memiliki kandungan Kapur tohor (CaO) jika ditiup oleh nafas manusia, bereaksi dengan CO2 dalam nafas, akan jadi batu kapur (CaCO3) dan batu kapur ini satu diantara batu ginjal yang seringkali ditemui.

Bagaimanakah bila makanan ditiup memakai kipas? Pramono menjawab, dari sisi ilmiahnya cara ini berbeda dengan cara meniup dengan mulut. Nafas keluarkan CO2, sementara kipas tidak.
“Nafas bila orangnya sakit dapat menular, bila kipas seperti angin alami, ” jelas Pramono.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment