Tenggorokan Kering dan Sakit? Hati-hati! Bisa Jadi Itu Adalah Gejala Kanker Stadium Awal

Anda harus perhatikan dengan baik!
Kanker tenggorokan adalah salah satu kanker yang sering dijumpai pada kebanyakan orang, dan sudah pasti hasil pengobatan kanker ini tergantung pada seberapa cepat kita mengerti tingkat keparahan kanker tersebut . Seseorang ahli bedah menyampaikan bahwa kanker yang didiagnosa pada 5 th. pertama itu memiliki tingkat kesembuhan sebesar 90%, namun sebaliknya, kanker yang baru di ketahui setelah 5 th., hanya memiliki tingkat kesembuhan sekitar 20-30% saja.
Kanker tenggorokan ini tumbuh dari sel Mesothelial yang berkembang pada selaput kerongkongan, dan lantaran faktor inilah yang akhirnya tumbuh menjadi kanker secara bertahap. Saat yang dibutuhkan kanker ini untuk berkembang pada tenggorokan mencapai beberapa tahun lamanya, bahkan dari stadium awal sampai stadium menengah memerlukan waktu sekitar satu tahun.
Beberapa gejala kanker tenggorokan stadium awal ini adalah seperti berikut :
  
1. Merasa kesulitan saat menelan ; biasanya dikarenakan oleh masuknya makanan yang tidak dikunyah secara sempurna.
 
2. Tulang dada merasa sakit : anda bakal merasakan sakit pada tulang dadamu ketika kamu menelan makanan, tetapi sakit itu bakal berangsur hilang ketika anda telah selesai makan. Sakit pada tulang dada ini dapat di hilangkan dengan konsumsi obat tertentu, namun langkah tersebut hanya berbentuk sementara. Sesudah beberapa minggu atau beberapa bulan kemudian, tanda-tanda itu bakal muncul kembali bila mood dan makanan kita tak dijaga dengan baik.
  
3. Rasakan ada suatu hal yang mengganjal didalam tenggorokan : Anda bakal sering merasa ada benda seperti butiran beras ataupun potongan sayur yang menempel pada dinding tenggorokanmu. Tetapi saat anda mencoba menelannya, tidak akan merasa sakit sama sekali. Walaupun kamu tidak coba menelannya, anda masih tetap dapat merasakan ada suatu hal yang mengganjal. Rasa mengganjal inilah yang menjadi tempat di mana penyakit itu akan tumbuh.
  
4. Masuknya makanan ke tenggorokan jadi lambat bahkan juga terhambat : penderita bakal merasa bahwa tenggorokannya menjadi kecil karena makanan yang dia telan jadi sangatlah lambat, bahkan juga dia dapat merasa makanan itu terhambat di tengah-tengah tenggorokannya.
 
5. Bagian tenggorokan terasa kering dan kencang : penderita akan merasa tenggorokannya selalu kering dan sedikit perih, terlebih ketika dia menelan sesuatu yang kering dan keras.

Sumber: Cerpen.co.id
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment