USIR LALAT dengan Kantong Isi Air, Kok bisa?? BEGINI Penjelasannya!



Di warung-warung makan, seperti warteg misalnya, sering terlihat kantong plastik diisi air digantung di atas etalase. Awalnya banyak teman yang menyebar mitos, plastik air itu sebagai jimat atau penglaris agar usaha semakin laris.

Tetapi begitu ditanyakan langsung pada yang memiliki warung, mereka tertawa dan katakan sesungguhnya manfaat plastik air itu untuk mengusir lalat. Loh, bagaimana caranya mengusirnya?

Lalat memiliki konstruksi mata yang unik, yakni mata majemuk yang menempati beberapa besar kepalanya dan juga tiga mata di antara dua mata majemuk. Lantaran mata majemuknya ini, lalat juga mempunyai kesadaran sensorik yang sangatlah baik dan kekuatan manuver udara yang cekatan. Inilah pemicu kenapa lalat sangatlah sulit dipukul.

Mata lalat terbagi dalam sepasang mata besar kompleks. Tiap-tiap mata kompleks itu terbagi dalam 3000 hingga 6000 mata simpel. Lalat tidak bisa memusatkan perhatian pada suatu objek spesifik di lingkungan sekitarnya, namun lalat malah mempunyai pandangan nyaris menuju ke semua arah.

Diluar itu, lalat juga mempunyai tiga mata penambahan simpel yang dimaksud ocelli. Ocelli ini terdapat di antara dua mata majemuk. Manfaat kerjanya serupa kompas, dengan mata ini lalat bisa tahu arah terbangnya. Ocelli bisa bekerja optimal di daerah yang diterangi cahaya matahari.

Inilah Alasan yang Menuturkan Kenapa Lalat Takut dengan Kantong Plastik Berisi Air

Bukan sekedar di Indonesia, trick menggantung kantong diisi air dirumah makan, atau bahkan juga ditempat makan yang lain juga dilakukan di beberapa negara. Dilansir dari animals. howstuffworks riset yang menuturkan kenapa lalat takut atau condong hindari kantong diisi air kini terjawab sudah

Saat kantung plastik diisi air digantung, air bakal membiaskan cahaya. Sinar yang datang bakal dibelokkan saat sinar itu melalui air. Dengan hal tersebut bayangan yang nampak akan berubah dari letak objek sesungguhnya.

Pembiasan ini yang mendasari penggunaan kantong plastik air. Pembiasan berlangsung saat objek yang pasti atau buram, seperti sepotong kaca atau kantong air merubah arah serta kecepatan sinar. Ilusi optik ini yang diharapkan bisa bikin bingung lalat hingga terbang menjauh.

Mengusir lalat dengan langkah tersebut memanglah cukup efektif lantaran tak memerlukan banyak biaya serta tenaga, juga tak perlu membunuh lalat.

Seseorang Profesor asal North Carolina State University, Mike Stringham lakukan riset selama 13 minggu. Stringham menempatkan kantong-kantong plastik diisi air di suatu perternakan ayam petelur.

Hasilnya adalah daerah yang ada kantong-kantong plastik diisi air malah memliki aktivitas lalat yang tinggi. Dijelaskan bahwa, riset yang dilakukannya tidak berhasil lantaran lokasi percobaan, yakni perternakan yg tidak mempunyai sinar alami atau minim sinar matahari.

Kesimpulan yang dihasilkan memanglah belum teruji benarkah lalat takut dengan kantong plastik diisi air. Bukti ilmiah yang diperoleh nilainya juga masih tetap fifty-fifty ada yang sukses dan gagal. Tetapi, bila ditinjau selanjutnya, tak ada satupun makhluk di muka bumi yg tidak ada manfaat. Tentu, bila ada seekor lalat yang hampiri makananmu, cepatlah untuk mengusirnya agar tak hinggap di makanan. Berprilaku sehat untuk kelangsungan hidup yang lebih baik.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment