AJAIB SEKALI,JANGAN ABAIKAN INILAH KHASIAT KULIT SEMANGKA YANG SANGAT MENGAGUMKAN.!!


Siapa yg tidak kenal dengan buah semangka? Buah semangka atau watermelon yang mempunyai bhs latin citrullus lanatus adalah buah dari tumbuhan merambat yang datang dari Afrika Selatan. Buah semangka sangatlah gampang didapati baik di pasar tradisional maupun supermarket di Indonesia. Harga nya juga cukup terjangkau. Buah yang mempunyai rasa manis dan memiliki kandungan air yang banyak itu sangatlah nikmat apabila dikonsumsi saat cuaca panas dan waktu kehausan. Daging buah semangka berwarna merah biasanya, walau saat ini telah ada daging buah semangka yang berwarna kuning juga. Biji buah itu kecil-kecil dan banyak dan tersembunyi di celah-celah daging buahnya.

 Anda sudah tahu buah itu memiliki kandungan banyak vitamin yang tentu sangatlah berguna untuk tubuh. Namun selain daging buahnya, kulit semangka juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Jadi ini, sehabis makan semangka janganlah buang kulitnya. Karena nyatanya kulit buah semangka yang umumnya dibuang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Berikut manfaat kulit semangka untuk kesehatan :
1. Kurangi Penyakit Jantung
Kulit semangka baik untuk dikonsumsi penderita penyakit jantung dan darah tinggi lantaran kulit semangka memiliki kandungan kalium. Kalium inilah yang bisa membantu memperlancar peredaran darah menuju jantung dan pembuluh darah baik arteri ataupun vena.

2. Menyembuhkan Diabetes
Kencing manis atau diabetes yaitu penyakit keunggulan kadar gula. Nyatanya, kulit semangka dapat juga menolong menyembuhkan penyakit itu. Langkahnya yaitu dengan merebus potongan kulit semangka dan jambu biji yang masih mengkal, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Lalu minum setelah dingin.

3. Menangani Berbagai Penyakit
Kulit buah semangka bisa jadi obat beberapa penyakit seperti susah buang air besar dan kecil, dropsy, radang ginjal, menghindar vasodilatasi, mengeluarkan cacing di usus, mengahalau infeksi di kandung kemih, mencegah anemia, dan penyakit-penyakit yang lain.

4. Menolong Proses Detoksifikasi
Ginjal adalah organ badan yang bertugas keluarkan racun. Apabila ginjal punya masalah terlebih hingga terkena gagal ginjal, yang pasti bakal sangatlah berbahaya dan membutuhkan biaya yang besar untuk penyembuhannya. Kulit semangka mengandungsenyawa asam amino sutrulin dan arginin. Senyawa-senyawa itu bisa mendorong proses pembentukan urea pada organ hati. Efeknya system eksresi di ginjal akan lebih lancar. Jadi konsumsi kulit semangka baik untuk membantu proses detoksifikasi di ginjal sehingga ginjal bisa bekerja dengan baik.

5. Turunkan Tekanan Darah Tinggi
Kandungan kalium dalam kulit semangka dapat menolong menstabilkan tekanan darah tinggi. Anda bisa bikin ramuan untuk turunkan tekanan darah tinggi dengan kulit semangka dengan cara menghaluskan kulit semangka yang putih sampai kulit paling luar dengan jus. Juice atau ramuan kulit semangka itu bisa diminum satu hari sekali. Anda bisa menyaring airnya terlebih dahulu atau lebih baik tak disaring dan dilewatkan dengan ampasnya juga. Lantaran ampasnya memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan.

Wah, nyatanya kulit semangka itu sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Jadi, mulai saat ini janganlah buang kulit semangka, namun bisa dikonsumsi bersama daging merahnya (dengan cara mengupas tipis kulitnya).

Oleh : Josua M

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment