PENTING.! ===>SELAMATKAN DIRI ANDA DARI PENYAKIT BATU GINJAL,YANG PERLU DIKETAHUI INI 6 TANDA DAN GEJALA BATU GINJAL BILA ADA DI TUBUH ANDA.!!


Penyakit batu ginjal adalah satu diantara masalah urologis yang paling menyakitkan dan umum terjadi di masyarakat. Lebih dari satu juta masalah batu ginjal didiagnosa setiap tahunnya dengan perkiraan 10 % orang menanggung derita batu ginjal pada lebih dari satu titik dalam kehidupannya. Untungnya, beberapa besar batu ginjal keluar dari tubuh tanpa ada intervensi apapun. Bila Anda tak begitu mujur, info berikut bakal membantu Anda dan dokter Anda untuk mengatasi penyebab, tanda-tanda dan komplikasi yang mungkin saja diakibatkan oleh penyakit batu ginjal. Pelajari tanda-tanda dan gejala batu ginjal hingga Anda tahu kapan untuk mencari pengobatan.

Apakah Batu Ginjal itu?

Batu ginjal adalah potongan-potongan bahan padat yang terbentuk ketika zat yang secara normal larut dalam urin menjadi berkonsentrasi tinggi. Bahan padat itu sering terbentuk dari kalsium, oksalat, dan fosfat. Batu ginjal mungkin hanya berdiameter beberapa milimeter atau cuma seukuran batu kecil.

Batu ginjal paling sering berlangsung pada pria, namun sekarang statistik menunjukkan semakin banyak masalah batu ginjal terjadi pada wanita serta anak-anak. Faktor makanan mungkin memainkan peran dalam peningkatan angka masalah batu ginjal tersebut .

1. Tanpa Gejala

Beberapa orang yang menderita batu ginjal tanpa tanda-tanda apa pun (asimtomatik). Bila Anda mempunyai batu ginjal yang sangatlah kecil, bisanya tidak akan di ketahui maupun terasa. Terkadang batu kecil seperti ini ditemukan bila Anda melakukan tes pencitraan (X-ray, CT scan, atau USG) untuk alasan yg tidak terkait dengan permasalahan ginjal. Dokter Anda mungkin saja mengambil pendekatan " wait and see " bila diketemukan bahwa Anda mempunyai batu ginjal tanpa gejala yang mengganggu.

2. Nyeri

Nyeri disebabkan batu ginjal dapat terasa ringan hingga berat. Batu ginjal yang lebih besar lebih mungkin mengakibatkan rasa sakit ketika turun ke ureter dan keluar dari tubuh lewat urin. Situs nyeri paling umum yang terkait batu ginjal adalah punggung bagian bawah (di ke-2 sisi), perut bagian bawah dan daerah selangkangan, dan dibawah tulang rusuk. Rasa sakit mungkin datang bergelombang. Anda juga mungkin saja sering alami nyeri buang air kecil.

3. Mual dan Muntah

Rasa sakit yang disebabkan batu ginjal mungkin saja begitu parah hingga Anda mungkin juga alami mual dan muntah. Ketika batu ginjal bergerak ke ureter dan menghambat aliran urin, hal semacam ini mengakibatkan rasa sakit yang digambarkan sebagai lebih buruk dari pada melahirkan. Nyeri hebat, mual, serta muntah harus diobati dengan obat nyeri kuat, antiemetik, dan cairan infus.

4. Demam dan Menggigil

Demam dan menggigil kadang-kadang juga adalah tanda-tanda batu ginjal. Tanda-tanda ini adalah tanda-tanda mengganggu yang membutuhkan pelajari medis segera karena demam dan menggigil dapat bermakna bahwa Anda juga alami infeksi (punya potensi mengancam nyawa, bila tak diobati). Anda mesti mencari penyembuhan selekasnya bila alami demam dan menggigil yang terkait dengan batu ginjal, bahkan juga bila Anda cuma alami nyeri ringan.

5. Darah dalam Urine

Darah dalam urin, yang disebut " hematuria, " yaitu tanda-tanda umum lain dari batu ginjal. Saat batu ginjal melalui saluran kemih, ia mengiritasi ureter serta mengakibatkan perdarahan. Urin Anda mungkin saja terlihat merah muda atau kemerahan tergantung pada beratnya perdarahan. Darah dalam urin adalah tanda-tanda serius yang menjamin evaluasi cepat yang didapatkan dokter Anda.

6. Perubahan Urine Lainnya

Bila Anda lihat urin yang keruh atau sangatlah berbau, ini dapat jadi tanda-tanda infeksi yang berhubungan dengan batu ginjal. Tetapi, tanda-tanda ini dapat pula jadi tanda permasalahan medis yang lain, seperti infeksi saluran kemih (ISK), infeksi kandung kemih, sistitis, atau bahkan juga penyakit menular se'ksual (PMS) seperti gonore. Bila Anda mempunyai urin yang keruh atau berbau busuk, selekasnya temui dokter Anda.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment