PARA CALON BUNDA KETAHUILAH.!!BEGINILAH Cara yang benar Memperlakukan Bayi yang Baru Lahir.


Diberikan anugerah berupa momongan tentu menjadi kebahagiaan tersendiri untuk sebuah keluarga. Ditambah lagi untuk mereka yang telah sejak lama menginginkannya dan harus lakukan berbagai cara untuk mendapatkanya. Rasa sukur pun terucap ketika buah hati yang diinginkan terlahir didunia.

Didalam agama Islam sendiri sudah memberikan perhatian yang sangatlah detail berkenaan kelahiran seorang anak. Diawali dari sistem konsepsi, saat kehamilan kelahiran hingga hal-hal yang perlu dilakukan untuk mendidik anak sampai dewasa.

Hal semacam ini tunjukkan betapa pentingnya melindungi, merawat dan mendidik bayi mulai sejak awal. Ternyata, ada perlakuan khusus untuk bayi yang baru lahir ke dunia. Apa sajakah perlakuan yang dianjurkan itu? Di bawah ini penjelasan selengkapnya. 

1. Mendoakan Bayi

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh orang-tua ketika memiliki bayi yang baru lahir adalah mendoakannya. Doa itu mempunyai tujuan agar si anak jadi seseorang yang hidup dengan Islam dalam hatinya, keberkahan dalam segala masalah dunia serta akhiratnya, dijauhkan dari godaan-godaan setan yang terkutuk dan agar diberikan keselamatan sampai akhir hayatnya.

Mendoakan bayi yang baru lahir itu tidak hanya dilakukan oleh ibu ataupun ayah dari bayi tersebut . Akan tetapi, hal semacam ini juga bisa dilakukan oleh orang-orang yang mendengar kabar baik mengenai kelahiran bayi ini.

2. Melantunkan Adzan dan Iqamah

Setelah bayi lahir ke dunia, ada baiknya jika sang bapak langsung melantunkan adzan di telinga kanan dan iqamah dibagian kiri. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya kalimat yang pertama kali didengar oleh sang ana adalah kalimat thayyibah dan dijauhkan dari seegala jenis masalah setan, yang menjadi musuh manusia paling nyata.

3. Tahnik

Perlakukan pada bayi selanjutnya adalah dengan lakukan tahnik. Mungkin banyak kaum muslim yg tidak tahu perihal perlakuan ini. Walau sebenarnya tindakan ini dikerjakan oleh Rasulullah SAW pada bayi yang baru saja lahir. Hal semacam ini sesuai dengan yang diutarakan oleh Aisyah RA yang artinya :

“Apabila dihadirkan bayi yang baru lahir ke hadapan Rasulullah Shallallahu Alahai wa Sallam, jadi beliau mendoakan barakah kepadanya dan mentahniknya” (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

Tahnik sendiri merupakan memberikan kurma yang dilembutkan didalam mulut pada bayi yang baru lahir. Tindakan ini mempunyai manfaat tersendiri, menurut dr Raehanul Bahraen dinilai dapat menghindarkan bayi dari hipoglikemik yaitu kekurangan gula dalam tubuh.

4. Memberi Nama yang Baik

Seperti yang diketahui bahwa nama ini merupakan doa yang diberikan orangtua pada bayi mereka yang baru lahir. Oleh karenanya, orangtua harus memberi nama yang terbaik untuk buah hati mereka. Tak bisa sembarangan dalam memberi nama pada anak, janganlah cuma indah atau unik tetapi harus juga memiliki kandungan makna yang baik.

5. Aqiqah

Aqiqah mempunyai pengertian menurut bahasa yaitu memotong ada juga yang mengartikannya sebagai menyembelih. Umumnya aqiqah dilakukan dengan meotong kambing sebagai tanda sukur pada Allah karena sudah menitipkan anugrah berbentuk anak pada mereka.

Menurut pendapat Imam Malik, hukum aqiqah yaitu sunnah muakkad. Dalil aqiqah dari Samurah bin Jundab, bahwa Rasulullah bersabda,

“Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuh disembelih hewan (kambing), dinamakan dan dicukur rambutnya” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah, Ahmad)

Sedangkan jumlah kambing aqiqah bisa dilihat dari hadits Aisyah Rahdiyallahu Anha bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda :

“Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan untuk wanita satu kambing” (HR. Ahmad Tirmidzi, Ibnu Majah)

6. Mencukur Rambut Bayi

Pada hari ke tujuh setelah kelahiran bayi Rasulullah SAW juga menyunanahkan orangtua untuk memotong rambut si bayi. Hal semacam ini beliau contohkan ketika kelahiran cucunya Hasan serta Husain. Beliau memerintahkan memotong rambut serta menimbangnya dengan ukuran perak, kemudian disedekahkan pada fakir miskin.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment