Anda Sering Alami Kesemutan? Begini Cara Menangani Kesemutan Dengan Cepat Dan Mudah.


Kesemutan (paresthesia) umumnya diderita pada tangan atau kaki. Rasanya seperti tertusuk oleh beberapa ratus jarum runcing atau tersengat aliran listrik. Bagian tubuh yang alami kesemutan bakal sulit digerakkan. Ketika dipaksa untuk digerakkan, seakan-akan mati rasa. Mengapa kaki sering menderita kesemutan? Bagaimana caranya cepat untuk menghilangkan kesemutan? Simak artikel ini lebih lanjut.

Penyebab kesemutan adalah masalah fungsi pada sistem syaraf tepi, serabut syaraf, sel syaraf di sumsum tulang, atau di jalur syaraf tepi.

Kesemutan pada tangan dan kaki, dapat berlangsung dalam waktu lama atau sesaat. Bila berlangsung secara singkat, kemungkinan karena masalah pada aliran arah, sedangkan kesemutan yang berlangsung dalam durasi lama dapat dikarenakan oleh luka pada syaraf, syaraf terjepit, atau stroke. Penyakit lain yang terkait seperti Carpal Tunnel Syndrom (CTS), Herpes Zoster, trauma, atau tumor otak. Sedangkan kesemutan pada kedua kaki atau tangan kemungkinan dipicu oleh :

Kekurangan beberapa jenis vitamin

Untuk melindungi kesehatan syaraf dibutuhkan konsumsi vitamin E, vitamin B1, B6, B12 dan niasin. Kekurangan konsumsi vitamin B12 dapat mengakibatkan anemia pernisiosa, yang selanjutnya menyebabkan neuropati perifer. Konsumsi vitamin B6 dalam jumlah tinggi, bisa menyebabkan kesemutan pada kaki dan tangan.

Diabetes

Kadar gula darah tinggi bisa mengakibatkan rusaknya syaraf perifer, yang biasanya ditandai dengan kesemutan.

Minuman keras

Mengkonsumsi minuman ini terus-terusan bisa mengakibatkan tubuh kekurangan vitamin B1, hingga menyebabkan neuropati perifer.

Penyakit Autoimun (Lupus, sindrom Guillaain-Barre, dan rheumatoid arthritis)
Kelainan bawaan (Charcot-Marie-Tooth)

Langkah Menangani Kesemutan Dengan Cepat Dan Mudah



Cukupi konsumsi vitamin B1, vitamin B6 dan B12. Vitamin ini bermanfaat untuk tingkatkan fungsi syaraf dan metabolisme tubuh. Vitamin itu hanya didapat dengan konsumsi makanan sehat, lantaran tidak diproduksi oleh tubuh.
Jauhi minuman keras, karena bisa mengakibatkan defisiensi vitamin B1.
Olahraga secara teratur, kurangi rutinitas jelek, dan lakukan gaya hidup sehat.

Mengatasi kesemutan pada kaki dan tangan dengan cepat 


Kesemutan pada tangan 

Masalah ini umumnya berlangsung saat seseorang dalam posisi tidur, hingga tanpa disadari tangan tertindih oleh tubuh. Aktivitas lain seperti tangan menopang terlampau lama dapat juga jadi pemicunya. Cara mengatasinya seperti berikut :
Ganti posisi tangan hingga lebih nyaman dan tak terhimpit.
Menjentikkan atau menyentil jempol kaki.
Rasa kebas akan berlangsung selama beberapa saat. Gerak-gerakkan tangan dengan cara perlahan.

Kesemutan pada kaki 

Kesemutan di kaki biasanya dikarenakan duduk terlalu lama atau kaki terhimpit. Untuk menyembuhkannya, ikuti langkah dibawah ini :
Atur posisi kaki hingga lebih nyaman dan bebas dari himpitan.
Menyentil jempol tangan.
Coba untuk menggerakkan kaki dengan cara perlahan-lahan lalu cepat.

Langkah diatas berlaku untuk menangani kesemutan yang berlangsung sesaat. Sedang untuk yang berlangsung lama dan sering, mesti ikuti tips pertama. Konsultasi dengan dokter Anda, untuk mengecek keadaan kesehatan tubuh. Penyakit yang berkenaan mesti selekasnya diobati, hingga kesemutan juga hilang dengan cara otomatis.

Perhatian : Lakukan gaya hidup sehat dengan banyak olahraga dengan teratur dan mengkonsumsi makanan sehat yang mempunyai gizi seimbang. Kesehatan tubuh tak lepas dari pola hidup dan pola makanan sehari-hari. Silakan share lewat akun sosial media, jika artikel ini bermanfaat.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment