WANITA Wajib Tau: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

Penyebab dan langkah menangani haid tak teratur, adalah hal yang senantiasa ingin di ketahui oleh banyak perempuan. Untuk para wanita memperoleh menstruasi yang teratur adalah hal yang melegakan karena tak ada kesehatan yang terganggu, tetapi banyak wanita yang terasa khawatir dan sering sekali alami menstruasi yg tidak teratur. Umumnya wantia menandai menstruasinya lancar atau tidak berdasarkan tanggal pada tiap bulan. Tak lancarnya mesntruasi dapat juga jadi pertanda yg tidak baik untuk kesehatan para wanita. Umumnya penyebab menstruasi yg tidak teratur karena banyak hal seperti faktor psikologis atau dapat juga karena hal yang buruk sekalipun seperti adanya suatu penyakit.

5 Penyebab dan Langkah Menangani Haid Tak Teratur

Penyebab Haid Tak Teratur
Di bawah ini adalah beberapa penyebab kenapa siklus menstruasi tak lancar :

1. Diet Ketat
Umumnya beberapa wanita yang ingin tubuhnya terlihat lebih ideal dan juga bagus, dan tidak sedikit juga wanita yang seperti itu melakukan diet yang ketat. Lakukan diet yang terlalu berlebih dapat bikin menstruasi tak lancar karena banyak kehilangan konsumsi sumber gizi dan nutrisi dari makanan yang semestinya dikonsumsi oleh tubuh.

2. Penurunan Berat Tubuh
Ada penurunan berat tubuh atau penambahan berat tubuh yang tiba – tiba dapat juga bikin menstruasi datang dengan tak teratur, hal semacam ini dikarenakan oleh hormon estrogen dan progesterone yang melepas suatu hormon saat seorang wanita seharusnya alami menstruasi seperti waktu yang telah diperhitungkan.

3. Stress
Seperti yang telah ditulis diatas, masalah psikologis dapat juga mengganggu datangnya menstruasi. Stress adalah salah satu masalah psikologis yang dapat disebutkan. Bila seseorang wanita merasakan stress jadi pekerjaan hormon dalam tubuh jadi tak sempurna pada akhirnya menstruasi tak bisa datang dengan sempurna.

4. Terlalu Lelah
Janganlah terlampau lelah, kelelahan pada tubuh atau pada fisik seseorang wanita dapat juga memengaruhi telatnya menstruasi.

5. Ketidakstabilan Hormon
Hormon yg tidak pasti naik turunya akan bikin jaringan disaluran indung telur untuk melepas telur jadi lebih terlambat, pada akhirnya bakal alami keterlambatan menstruasi.

Jika anda seseorang wanita yang sering sekali mendapatkan menstruasi yang datang terlambat, janganlah anggap hal semacam itu sepele. Banyak wanita yang memperoleh penyakit berbahaya dengan dengan diawali telatnya menstruasi yang terus menerus. Bila anda telah sering terlambat menstrurasi, selekasnya saja lakukan aksi penyembuhan atau periksakan ke dokter yang lebih ahli.


Langkah Menangani Haid Tidak Teratur
Di bawah ini adalah hal yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan menstruasi yang sering datang terlambat :
 
1. Olahraga
Berolahraga yaitu hal yang dapat dilakukan untuk bikin seorang wanita alami menstruasi yang lancar. Olahraga sendiri bukan sekedar berguna untuk memperlancar menstruasi namun juga melindungi ketahanan tubuh supaya tak gampang diserang oleh penyakit yang lainnya. Menjelang menstruasi lakukanlah berolahraga yang ringan seperti jogging kecil – kecilan, jalan kaki, atau dapat dengan juga melakukan yoga.

2. Istirahat yang Cukup
Jangan sampai merasa kelelahan, berikanlah tubuh anda istirahat yang cukup. Tubuh seseorang perlu waktu isirahat sekurang-kurangnya sepanjang 8 jam saat tidur dalam sehari. Janganlah terlampau memforsis badan anda dengan aktivitas yang sangatlah banyak, lantaran bakal memicu datangnya stress.

3. Pola Makan Sehat
Usahakan memberi pola makan yang sehat untuk tubuh anda. Cermati apa yang bakal anda makan, lantaran apa yang anda makan punya pengaruh besar untuk kelancaran menstruasi anda. Banyak – banyak konsumsi buah serta sayuran sangatlah baik untuk menolong kelancaran menstruasi dan kesehatan badan. Mengkonsumsi sayur hijau yang banyak terkandung zat besi dan serat yang tinggi. Kacang – kacangan, daging merah, yaitu makanan yang mengandung banyak zat besi.

4. Konsumsi Jamu Tradisional
Sebagian orang percaya bahwa konsumsi jamu tradisional dapat memperlancar menstruasi.

5. Jus Labu
Juice labu dapat juga menolong untuk memperlancar menstruasi. Anda dapat memberikan madu pada juice labu yang telah anda bikin lantaran juice labu tanpa madu rasanya sangatlah pahit.

6. Jus Pepaya
Mengkonsumsi juice pepaya yaitu langkah murah untuk memperlancar menstruasi seseorang wanita.

7. Jus Lidah Buaya
Lidah buaya tidak cuma bisa menyuburkan serta menyehatkan rambut, namun dapat juga memberi faedah yang lain. Taukah anda bahwa juice lidah buaya dapat juga bikin menstruasi jadi lancar. Tidak cuma untuk rambut, serta menstruasi jadi lancar. Juice lidah buaya dapat juga dipakai untuk menghaluskan kulit.

8. Air Rendaman Biji Wijen
Biji wijen tidak cuma dipakai pada onde – onde namun dapat juga memperlancar menstruasi yang datang. Langkah untuk membuatnya juga sangatlah gampang cuma dengan mengamil satu genggam biji wijen. tahap selanjutnya, rendamlah biji wijen ke air panas seperlunya. Keesokan harinya minum air yang telah di rendam dengan wijen.

Perhatikan siklus menstruasi anda, karena menstruasi yg tidak teratur bisa menilmbulkan sebagian penyakit berbahaya untuk rahim. Karenanya, tahu informasi tentang penyebab serta langkah menangani haid yang tidak teratur adalah satu kewajiban untuk kaum wanita.

sumber: ruangsehatku.blogspot.co.id

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment