Bantu Di Share Ya,!!Sebelum Menyesal, Cegah Osteoporosis Sejak Dini, Ini Cara Alaminya

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang memiliki sifat-sifat khas berbentuk massa tulang yang rendah, dibarengi mikro arsitektur tulang dan penurunan kwalitas jaringan tulang yang dapat pada akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.
Osteoporosis adalah penyakit sistemik yang ditandai dengan menurunnya massa tulang dan perubahan mikroarsitektur jaringan tulang, hingga bisa tingkatkan kerapuhan tulang, risiko patah tulang, dan mengakibatkan kerusakan.
Pada osteoporosis, kerusakan tulang lebih cepat dari pada perbaikan yang dilakukan oleh tubuh. Kondisi ini mungkin saja tak diakui selama bertahun-tahun, sampai pada akhirnya tiba-tiba terjadi patah tulang dengan sendirinya.
Osteoporosis dapat menyerang siapapun. Saat ini, penyakit ini tidak lagi mendominasi kaum tua. Banyak orang menderita osteoporosis dalam umur yang relatif muda.
Malnutrisi, gizi buruk, kurang aktifitas fisik, mengkonsumsi obat tertentu, dan kondisi kesehatan lain juga dapat meningkatkan terjadinya osteoporosis. Keadaan kesehatan seperti cholesterol tinggi dan menopause termasuk tingkatkan resiko osteoporosis.
Makan-makanan dengan gizi seimbang dan kaya kalsium bisa mencegah osteoporosis. Pencegahan awal osteoporosis bisa dilakukan dengan berbagai langkah, seperti konsumsi gizi seimbang yang berkenaan dengan pembentukan tulang seperti kalsium, vitamin D, serta kesibukan fisik yang dilakukan dengan teratur sangatlah utama untuk pembentukan tulang.
Untuk menghindar osteoporosis tubuh kita memerlukan kalsium, sekurang-kurangnya 1. 200 hingga 1. 500 mg, dan ditambah dengan vitamin D sebesar 400UI sehari-hari.

Tubuh dapat menghasilkan vitamin D sebagai tanggapan pada cahaya matahari, dan pastikan Anda memperoleh vitamin D dalam jumlah yang pas.
Sesaat Bila diet Anda tak memiliki kandungan cukup kalsium jadi tubuh bakal mengambil cadangan kalsium dari tulang untuk diberikan pada organ badan yang membutuhkannya, serta ini yaitu salah satu argumen tulang jadi keropos serta rapuh.
 
Bagaimanakah mencegah penyakit ini? Mudah-mudahan beberapa tips berikut bisa menolong Anda. 

1. Susu serta product susu seperti keju, yoghurt atau mengkonsumsi susu skim yaitu harus untuk yang tidak mau meningkatkan osteoporosis. Hal semacam ini Lantaran makanan ini memiliki kandungan tinggi kalsium serta protein yang bermanfaat untuk memperkuat serta menyehatkan tulang.

2. Kacang-kacangan. Janganlah malas untuk makan kacang-kacangan, lantaran mereka kaya kalsium, magnesium, mangan, serta fosfor. Terlebih kacang almond serta kacang pistachio adalah sumber kalsium yang baik.

3. Sayuran. Dalam soal sayuran, brokoli, kembang kol, serta bit mesti dengan cara teratur dikonsumsi sehari-hari untuk tulang yang kuat alami.

4. Ragi. Ragi memiliki kandungan setidaknya 330-350 miligram kalsium per 100 gr berat kering.
5. Kurma. Hal ini merupakan kabar baik bagi penggemar kurma yang manis dan lezat ini. Buah khas Timur tengah ini adalah juga sumber kalsium dan magnesium, dimana yang berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang tubuh Anda .

6. Sinar matahari. Sinar matahari memang bukanlah jenis makanan, akan tetapi akan menyediakan vitamin D yang berguna untuk membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan. Matahari adalah sumber vitamin D yang paling mudah dan murah untuk kita dapatkan. Pastikan Anda cukup “sinar” di pagi hari untuk mempertahankan kekuatan tulang.

7. Buah-buahan, seperti jeruk, jambu biji, stroberi, dan nanas menyediakan vitamin C, yang juga dapat memperkuat tulang. Jangan lupa juga untuk buah super lainnya yaitu buah pisang dan apel.

8. Sayuran hijau tua adalah salah satu makanan pelawan osteoporosis. Akan teapi hati-hati dengan bayam, karena ternyata ada oksalat di dalamnya yang justru bisa mencegah penyerapan kalsium oleh tubuh.

9. Kacang kedelai, kacang lima, dan lentil merupakan sumber kalsium yang dapat Anda konsumsi untuk mencegah osteoporosis. Produk kedelai seperti susu kedelai, tahu dan tempe juga merupakan sumber kalsium yang murah dan mudah Anda dapatkan setiap hari.

10. Telur. Selain mengandung protein, telur juga merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D secara alami. Ketahui juga Manfaat telur yang luarbiasa bagi kesehatan kita.

11. Aktivitas fisik/Olahraga. Meskipun bukan dari jenis makanan, tapi aktivitas fisik secara teratur juga sangat penting untuk mencegah melemahnya tulang. Oleh karena itu jangan malas untuk naik tangga setiap hari dikantor atau di gedung-gedung. Olahraga yang dilakukan pada pagi hari dialam terbuka akan memberikan 2 manfaat sekaligus, karena Anda juga akan mendapat vitamin D alami dari sinar matahari.

12. Omega-3 . Nutrisi ini dapat nda peroleh dari makan biji labu, biji rami, atau minyak ikan. Selain membantu mencegah osteoporosis, omega – 3 juga bermanfaat untuk melawan penyakit rematik dan nyeri sendi.

13. Suplemen. Jika Anda malas makanan sumber kalsium atau vitamin D, minum suplemen kalsium secara teratur juga bermanfaat memperbaiki struktur tulang. Akan tetapi sebaiknya berkonsultasi dengan pakar kesehatan sebelum rutin minum suplemen apapun.

14.Ikan, terutama seperti salmon, sarden, dan tuna adalah makanan yang kaya akan kalsium dan mineral lainnya.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment