Menguak Mitos Mitos Penyebab Penyakit Liver! Wajib TAU!!


Menurut segi pengetahuan kedokteran, sangat banyak hal yang bisa jadi penyebab penyakit liver. Pandangan orang-orang tentang penyakit liver sendiri masih tetap merupakan suatu penyakit yang sulit disembuhkan, berbahaya, disebabkan karena kecapaian, dikarenakan pola makan yang salah, penggunaan obat yang berlebihan dan sebagainya. Penyakit liver juga identik dengan istilah penyakit kuning. Tetapi apakah semua pernyataan diatas adalah kenyataan atau mitos belaka?

Beberapa Hal yang Bisa Menjadi Penyebab Penyakit Liver

Sangat banyak hal yang bisa menjadi penyebab penyakit liver. Pengetahuan yang berkembang di masyarakat yang masih sedikit mengakibatkan terjadinya mitos tentang pemicu sakit liver ini. Beberapa mitos tak seutuhnya salah, tetapi butuh diluruskan supaya lebih jelas.

Penyebab sakit liver sendiri ada banyak sekali, namun di sini kita cuma bakal membahas banyak hal yang paling sering menjadi penyebabnya. Beberapa mitosnya yaitu sebagai berikut :

Pola makan yang salah bisa jadi penyebab penyakit liver. Pernyataan ini bisa dibilang benar dan tak benar bergantung jenis makanan yang Anda makan. Jenis makanan pemicu penyakit liver adalah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Rutinitas mengkonsumsi makanan tinggi lemak bisa mengakibatkan perlemakan pada hati atau nama yang lain fatty liver.

Kurang istirahat, kesibukan fisik yang terlampau berat sampai kecapaian dan kurang tidur bisa adalah penyebab penyakit liver. Pernyataan itu adalah suatu hal yang kurang tepat. Kondisi kurang istirahat memanglah tak baik untuk tubuh, namun hal semacam itu tidak akan langsung mengakibatkan penyakit liver. Pada umumnya, kurang istirahat bisa mengakibatkan tubuh dalam keadaan tak fit dan ini bisa tingkatkan resiko Anda terkena berbagai jenis penyakit.

Makan obat terlampau banyak dan lama, terlebih obat seumur hidup bisa jadi pemicu penyakit liver. Pernyataan ini tepat, tetapi pemakaian obat yang terlalu lama tidak selalu mengakibatkan penyakit liver. Secara pengetahuan penyembuhan, pengolahan zat obat berlangsung di 2 tempat didalam tubuh, yakni di ginjal dan di liver. Jadi, obat yang di proses di ginjal tidak akan mengakibatkan penyakit liver. Selain itu, obat yang didapatkan dokter terus mesti Anda makan karena dokter sudah memiliki pertimbangan mana obat yang perlu diberikan dan mana yang bisa mengancam kesehatan liver Anda.

Rutinitas konsumsi parasetamol adalah pemicu penyakit liver. Parasetamol memang merupakan obat yang di metabolisme di liver. Tetapi keseringan makan obat yang memiliki kandungan parasetamol nyatanya tak jadi penyebab penyakit liver. Tetapi, makan obat parasetamol dalam jumlah yang besar sekali makan lah yang bakal mengakibatkan penyakit liver. Jadi, selalu turut petunjuk pemakaian obat yang tertera di bungkus obat. Jadi sekarang Anda tak perlu khawatir untuk konsumsi obat ini bila perlu dalam batas dosis yang aman.

Penyebab Penyakit Liver yang Sebenarnya

Infeksi

Infeksi merupakann peringkat pertama penyebab penyakit liver. Virus jadi mikroorganisme nomor 1 yang menjadi pemicu penyakit liver. Virus hepatitis ada 5 macam yaitu Hepatitis A, B, C, D dan E. Dari antara 5 jenis itu, virus Hepatitis A, B dan C lah yang banyak beredar di masyarakat Indonesia.
Hepatitis A merupakan virus yang penularannya didapatkan melalui makanan. Jadi, untuk mencegah penyakit hepatitis A, hindari pembelian makanan di yang tidak bersih, terutama di daerah yang sedang mewabah. Angka kesembuhan penyakit hepatitis A termasuk baik; meski memberikan gejala kuning yang mengkhawatirkan, ternyata 99% penyakit hepatits A dapat sembuh sempurna. Virus ini menjadi penyebab penyakit kuning yang tersering di Indonesia, terutama bila sedang mewabah di sutu daerah.

Hepatitis B dan C dapat menginfeksi manusia melalui darah dan cairan tubuh. Penggunaan obat terlarang dengan jarum suntik dan perilaku seksual yang tidak aman dapat menjadi kegiatan penularan virus ini. Infeksi liver karena salah satu dari 2 macam virus tersebut merupakan suatu kondisi yang merepotkan karena 2 jenis virus ini jarang memberikan gejala kuning bagi penderitanya. Pengobatan penyakit ini pun harus dilakukan dalam jangka panjang yang lama. Infeksi virus Hepatitis B atau C yang tidak ditangani dapat menyebabkan sirosis atau keadaan penyakit liver stadium akhir.

Alkohol

Kebiasaan meminum alkohol dapat membuat hati menjadi berlemak atau disebut dengan perlemakan hati. Penyebab penyakit liver yang satu ini akan menimbulkan penyakit liver yang terjadi secara mendadak atau akut. Namun karena kebiasaan mengkonsumsi alkohol di Indonesia masih lumayan jarang, maka alkohol bukanlah permasalaha utama penyebab penyakit liver di Indonesia.

Obat-obatan

Konsumsi jenis obat tertentu dapat menjadi penyebab penyakit liver. Beberapa contoh obat-obatan yang dapat mencetuskan penyakit liver adalah obat untuk penyakit TBC, antiobiotik yang mengandung sulfonamide dan obat anti kejang yang mengandung fenitioin. Bila Anda menderita salah satu dari penyakit yang butuh pengobatan di atas, konsultasikan kondisi kesehatan Anda dan waspadai bila suatu saat Anda mengalami mual muntah dan kulit kekuningan.

Penyakit Batu Empedu

Batu empedu yang tertimbun di dalam kantung empedu dan di saluran pengeluarannya ternyata dapat menjadi penyebab penyakit kuning. Batu ini dapat menjadi sumbatan saluran pengeluaran empedu sehingga empedu tidak dapat dibuang ke dalam usus. Cairan empedu ini dapat naik ke liver dan menyebabkan kerusakan pada organ tersebut. Empedu yang sulit dibuang ke usus juga akan menyebabkan kulit terwarna menjadi kuning. Jadi, bila Anda mempunya batu di kantung atau saluran empedu Anda segera konsultasikan keadaan ini kepada dokter.

Pengobatan Penyakit Liver Sangatlah Penting

Komplikasi terberat dari penyakit liver ialah terjadi sirosis atau pengerasan liver dan kanker liver. Ya, penyakit liver yang tidak diobati dapat menuntun kita mendapatkan dua penyakit berbahaya di atas. Maka, sangat penting untuk mengobati diri Anda bila Anda mempunyai kondisi penyakit liver.

Cara mengobati penyakit liver tergantung dari penyebab penyakit livernya. Penyakit liver karena infeksi dapat diobati dengan obat-obatan antivirus. Mengobati penyakit liver karena infeksi terutama sangat penting bila penyebabnya adalah virus hepatitis B dan C. Penyakit liver karena alkohol dan obat pengobatannya ialah menghentikan konsumsi alkohol dan obat serta memeriksakan diri Anda ke dokter. Dan bila Anda mempunyai kondisi batu empedu, segera konsultasi ke dokter agar dapat dilakukan tindakan lebih lanjut.

Di atas sudah dibahas beberapa penyebab tersering penyakit liver. Sebenarnya ada juga faktor genetik dan kelainan bawaan yang menjadi penyebab penyakit liver dan penyebab penyakit kuning. Dikarenakan fungsi liver yang penting bagi tubuh kita, kesehatan organ ini harus selalu kita jaga. Menjaga organ ini tidaklah sesulit yang dikira, cukup makan sehat yang rendah lemak, jangan biasaka minum alkohol dan usahakan tidak mengkonsumsi obat-obatan yang belum jelas efeknya dan tidak diperlukan. Seseorang juga harus hidup dengan ‘bersih’ dengan tidak menikmati obat-obatan terlarang terutama yang disuntik serta memiliki perilaku seksual yang sehat. Karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, mari kita jaga kesehatan liver kita.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment