STOP! Lepaskan Smartphonemu dari Genggaman Jika ini yang terjadi pada jari dan tanganmu!


STOP! Lepaskan Smartphonemu dari Genggaman Bila ini yang berlangsung pada jari dan tanganmu!


Penggunaan smartphone memanglah lekat dengan gambaran manusia moderen. Tetapi hati-hati, terus-terusan memakai smartphone bisa menyebabkan nyeri pada pergelangan dan jari tangan Anda.

Seperti yang dihadapi Arjun (30) di India. Sekarang ini ia mesti merasakan sakit dan mati rasa pada ibu jari serta telunjuknya selama beberapa bulan akibat dari terlalu sering memakai smartphonenya untuk bermain games dan berkomunikasi di jejaring sosial.

Dikutip dari The Indian Express, Kamis (22/10/15), dr Shah Maninder Singh, pakar bedah ortepedi dari Spinal Injuries Centre di India, apa yang dialami oleh Arjun adalah sindrom lorong kapal (carpal tunnel syndrome) yang merupakan bagian dari tanda-tanda cedera regangan berulang-ulang.



Sindrom ini disebabkan karena saraf median pada pergelangan tangan yang terus-menerus tertekan yang menyebabkan bakal merasa nyeri, mati rasa, serta kesemutan. Saraf median adalah saraf yang terentang pada lengan bawah dan telapak tangan didalam lorong karpal.

 " Umumnya sindrom ini berlangsung karena aspek genetik maupun rutinitas. Tetapi saat ini sindrom seperti ini sering ditemukan pada pasien yang memakai smartphonenya dengan cara berlebih. Untuk masalah seperti ini, mereka harus mulai melakukan penyembuhan termasuk membatasi penggunaan smartphonenya, " kata dr Singh.

Selain sindrom lorong karpal, penggunaan smartphone secara berlebihan bisa menyebabkan sindrom yang lain, terutama pada ibu jari. Saat menggunakan smartphone ibu jari mesti bergerak dengan cara canggung. Kemelut dan stres pada saraf dan otot disebabkan terlalu sering mengulang-ulang gerakan bisa mengakibatkan cedera.

 " Ini dapat juga mengakibatkan tendinitis pada jari dan pergelangan tangan dan arthritis sendi pada ibu jari. Diluar itu dapat juga mengakibatkan nyeri pada ujung ibu jari. Penempatan yg tidak tepat pada tangan dan bahu menyebabkan nyeri pada bahu dan leher, " ujar dr Pradeep Moonot, ahli ortopedi dari Saket City Hospital di Mumbai.

Sumber : detik. com
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment