Calon Ibu Muda Wajib Baca !!! Asupan Makanan Sehat yang dibutuhkan Oleh Ibu Hamil,Baca Selengkapnya ..


Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi sangatlah dibutuhkan ketika tengah hamil, terutama waktu kehamilan sang ibu hamil mencapai usia satu s/d tiga bulan. Oleh karenanya, makanan sehat dan bergizi sangat penting karena pada usia kehamilan itu, janin baru mulai tumbuh dan berkembang.
Konsumsi makanan sehat yang diperlukan oleh ibu hamil adalah seperti berikut :

1. Makanan Berkarbohidrat
Makanan berkarbohidrat sangat penting untuk ibu hamil. Karbohidrat itu berperan sebagai sumber energi terutama untuk ibu hamil. Energi tersebut sangatlah bermanfaat untuk perkembangan janin, jaringan payud4ra, serta membuat plasenta. Beberapa contoh makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang baik untuk ibu hamil adalah nasi, kentang, roti, oatmeal/havermout, dan pasta.

2. Makanan Berprotein
Makanan yang memiliki kandungan protein juga dinilai penting dalam melindungi kondisi ibu hamil. Protein untuk ibu hamil berguna untuk :
Sebagai zat pembangun atau pembentuk dan memperbaiki jaringan tubuh pada janin seperti otot, tulang, mata kulit, jantung dan hati.
Bertindak dalam pembentukan darah
Menolong pembentukan darah, cairan ketuban dan beberapa sel janin supaya sempurna
Bermanfaat dalam perkembangan jaringan dan plasenta bahkan juga otak
Sebagian contoh makanan berprotein yang perlu dikonsumsi ibu hamil adalah daging ayam, daging sapi, telur, tahu dan tempe.

3. Sayuran
Selain mempunyai tingkat nutrisi yang tinggi, sayuran juga kaya serat yang sangatlah bermanfaat untuk ibu hamil. Sayuran bisa bermanfaat memperlancar pencernaan, memberi konsumsi zat besi, dan tingkatkan system imun pada tubuh ibu hamil.

4. Buah-buahan
Buah-buahan sangatlah bermanfaat untuk ibu hamil dan sang janin. Manfaat buah-buahan untuk ibu hamil salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya sembelit, menambah kekebalan tubuh, mencegah terjadinya infeksi, dan menolong perkembangan pada janin. Beberapa contoh buah-buahan yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil adalah jeruk, alpukat, pisang, apel, mangga dan lain-lain.
Berikut tips menu makanan sehat tambahan yang penting selain makanan utama untuk ibu hamil :
Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium

Fungsi kalsium untuk ibu hamil yaitu untuk menolong sistem perkembangan tulang pada janin sekaligus membantu sistem tumbuhnya tunas gigi pada bayi. Konsumsi kalsium yang diperlukan ibu hamil sebanyak 1000-1300mg. Sumber kalsium dapat didapatkan dari product olahan susu termasuk juga susu, keju, yoghurt, pudding, kacang-kacangan dan sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.
Mengkonsumsi makanan tinggi zat besi

Manfaat zat besi untuk ibu hamil yakni untuk tingkatkan volume darah dan mencegah terjadinya tanda-tanda anemia untuk ibu hamil. Makanan yang memiliki kandungan zat besi dapat diperoleh dari daging merah tak berlemak, bayam, kacang-kacangan serta sarapan sereal. Yakinkan ibu hamil konsumsi konsumsi makanan memiliki kandungan zat besi sekurang-kurangnya 27mg dalam sehari.
Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan iodine

Iodine dibutuhkan ibu hamil sebanyak 250 mikrogram untuk mendukung perkembangan saraf dan sistem saraf pusat. Makanan yang memiliki kandungan iodine dapat didapatkan dari makanan olahan susu seperti keju dan yoghurt dan bisa pula diperoleh dari seafood seperti ikan kod, salmon dan udang.

Konsumsi vitamin C setiap hari
Fungsi vitamin C untuk ibu hamil yaitu membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi pada janin serta meningkatkan proses metabolisme pada ibu hamil. Asupan Vitamin C untuk ibu hamil adalah 70mg setiap harinya. Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan seperti jeruk, anggur, stroberi dan papaya. Selain itu, vitamin C juga bisa didapatkan dari sayuran seperti brokoli, kol dan tomat.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment