IBU-IBU Ini Harus anda Ketahui.!!Jangan Cuci dan Simpan Telur dalam Kulkas! Ini Bahayanya


Salah Kaprah Dalam Mengatasi Telur

Biasanya kita bakal sangat jijik dengan telur mentah yang barusan dibeli lantaran pada cangkang telur biasanya didapati kotoran ayam. Terlebih apabila mengingat bahwa telur ini keluar dari pantat ayam. Biasanya agar awet kita bakal memasukkan telur ke kulkas atau lemari es. Juga, lantaran merasa jijik apabila kotoran ayamnya bakal mencemari makanan lain didalam kulkas, biasanya orang bakal menyikat dan membersihkan telur dengan sabun hingga bersih baru menyimpannya dalam kulkas.

Walau demikian, sesungguhnya ini jadi membuat telur sangatlah mudah tercemari bakteri. Cuci telur dan langsung dimasak, bukan disimpan dalam kulkas.

Telur Mentah Memiliki kandungan “Protective Bloom”

“Protective Bloom” yakni perlindungan alami yang Allah buat pada telur ayam membuat perlindungan telur dari bakteri Salmonella. Susunan itu bisa yang melindungi anak ayam dalam telur dari terinfeksi bakteri Salmonella ini. Apabila kita membersihkan telur (sudah dicuci sabun, disikat juga), pori-pori pada kulit telur jadi terbuka, sampai rawan tercemar bakteri. Kita mungkin saja tak dapat lihat pori-pori ini, tetapi dengan bersihkan kulit telur ini, bakal memudahkan isi telur rentan terinfeksi bakteri Salmonella.

Bahkan juga, di Inggris dan Uni Eropa, mereka melarang telur yang telah dicuci untuk di jual. Tetapi lantaran banyak beberapa orang yang skeptis dengan telur yang ada kotoran ayam atau telur tampak kotor, jadi mereka bersihkan telur ini dan menyemprotnya lagi dengan susunan lain untuk menghalangi bakteri masuk. Karena itu ada telur yang terlihat sangat bersih dan mengilap di supermarket.

Apakah bakteri Salmonella ini?

Salmonella adalah sejenis bakteri jahat yang kadang-kadang ada didalam makanan termasuk juga ayam, tomat, guacamole, kacang tanah, dan ada pada makanan hewan. Habitat yang subur untuk bakteri ini yakni didalam usus hewan dan manusia yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Apabila terserang penyakit yang dikarenakan oleh bakteri Salmonella ini, resikonya mungkin saja saja mengakibatkan kematian. Walau sekian, kita bisa membuat perlindungan diri kita dari terserang infeksi dari bakteri jahat ini dengan melindungi kebersihan.

Dari manakah Bakteri Salmonella bersumber?

Bakteri Salmonella bersumber dari makanan yang datang dari hewan seperti daging, susu, ayam, product susu, telur sert makanan laut, juga beberapa type sayur dan buah-buahan. Oleh karena itu, kita tidak disarankan untuk konsumsi makanan yang 1/2 matang atau tidak dimasak sepenuhnya.

Kelaziman konsumsi telur 1/2 matang yang sering jadi menu sarapan di restoran-restoran yaitu makanan yang kurang baik lantaran peluang untuk tercemar bakteri Salmonella sangat tinggi dan ini di kuatirkan akan menyebabkan keracunan makanan pada pelanggan.

Memasak dan bersihkan bahan makanan bisa memberantas Salmonella?

Memasak dengan prima dapat membunuh bakteri Salmonella. Walau mencuci dan bersihkan buah yaitu rutinitas yang baik saat sebelum menyantapnya, hal semacam ini tak akan memberantas Salmonella terutama waktu tengah mewabah. Apabila ada peringatan dari kementerian kesehatan untuk tidak konsumsi suatu hal makanan yang punya potensi terkontaminasi, maka adalah tambah baik tidak untuk konsumsi makanan ini baik dimasak atau tidak.

Jadi gunakan langsung telur yang sudah dicuci, bukan taruh dalam almari es dulu.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment