IBU-IBU KETAHUILAH.!!Mengapa Kuning Telur Rebus Anda Berwarna Kehijauan? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Mengapa Kuning Telur Rebus Anda Berwarna Kehijauan? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Telur rebus adalah menu paling mudah untuk dimasak. Apa sulitnya bikin telur rebus, tinggal masukan telur kedalam panci yang telah di isi air lantas masak diatas kompor. Ada satu hal yang luput dari perhatian Anda waktu mengupas telur serta memotongnya. Cobalah cermati waktu Anda membelah telur rebus terkadang ada cincin berwarna kehijauan diantara kuning telur serta putih telur. Kenapa demikian? Kenapa Kuning Telur Rebus Anda Berwarna Kehijauan? Itu Penjelasan Ilmiahnya!
Warna kehijauan di sekitar kuning telur adalah tandanya bahwa telur tak dimasak dengan benar. Jadi, pada intinya, ini adalah kesalahan sistem merebus telur. Perubahan warna itu adalah bukti bahwa telur dimasak terlampau lama. Daging kan mengering dan beras bakal hangus waktu terlalu lama dimasak. Demikian dengan juga telur rebus, telur jadi beralih warna. Berbeda dengan makanan tersebut yang lain, telur masih tetap dapat dan enak dikonsumsi meskipun terlampau lama di rebus. Cuma saja telur bakal tampak agak kotor dan kurang cantik waktu dibelah.

Berikut penjelasan ilmiah tentang pergantian warna di sekitar kuning telur rebus itu. Warna kehijauan nyaris abu-abu adalah bukti visual dari pembentukan senyawa besi sulfida di mana kuning dan bagian putih telur bertemu. Hal semacam ini berlangsung lantaran zat besi dari kuning telur bereaksi dengan hidrogen sulfida dari putih telur saat dimasak terlampau lama. Itu tak menyebabkan bahaya apa pun. Cuma saja telur rebus Anda saat dibelah jadi tampak kurang cantik. Harusnya warna yng dipertunjukkan adalah kuning cerah dan putih bersih.

Untuk menghindari itu, berikut beberapa tips waktu merebus telur supaya telur rebus Anda tampak cantik dan mudah dikupas.



Pastikan telur yang akan di rebus benar benar baru Bersihkan telur hingga bersih dari kotoran yang biasa melekat pada telur, kotoran mengakibatkan bau busuk bila ikut direbus.
Sediakan panci lantas Masukan telur yang bakal di rebus kedalam panci, upayakan supaya jarak antar telur tak terlampau rapat.
Isi air hingga telur tenggelam.
Rebus telur-telur tadi memakai api kecil (lantaran telur bakal pecah bila alami panas yang tiba tiba).
Aduk- aduk telur dengan pelan sambil perlahan-lahan menambah nyala api, setelah air mendidih kecilkan api (api sedang) namun jagalah supaya air terus mendidih dengan riak kecil (bila api dibiarkan besar dan riak air terlampau besar, besar kemungkinan telur bakal pecah kecuali untuk telur puyuh yang relatif lebih tahan panas).
EMngaduk telru dimaksudkan supaya kuning telur rebus terus ada di dalam putih telur, sedang tujuan membesarkan api dengan cara bertahap untuk melindungi supaya telur tak pecah akibat panas yang mendadak.
Tunggulah 15 menit, matikan api.
Buang air rebusan telur hingga habis, lantas siram telur dalam panci dengan air dingin yang mengalir, biarlah telur-telur terendam air dingin untuk hentikan sistem pemasakan.
Yakinkan telur sudah benar benar dingin, kupas satu persatu telur dari mulai ujung yang kecil. Bila kulit ari telur susah dipisahkan (hal semacam ini karena sebab telur yang di rebus bukanlah telur baru atau perebusan terlampau lama), lakukan pengupasan didalam air (air dengan cara lembut bakal masuk bagian pada putih telur dan kulit ari telur hingga pengupasan sangatlah mudah dilakukan).
Iris telur yang Anda rebus tadi jadi Anda bakal mendapati warna kuning telur yang cantik.
Sajikan telur, dan siap dinikmati.
Selamat mencoba!
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment